Advertisement

Pondasi Jembatan Manding Rusak Bertahun-tahun, Warga: Sudah Lapor Belum Ada Tindakan

Yosef Leon
Minggu, 14 Mei 2023 - 16:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pondasi Jembatan Manding Rusak Bertahun-tahun, Warga: Sudah Lapor Belum Ada Tindakan Sejumlah warga sedang melihat jembatan di Dusun Gabugan, Songbanyu, Minggu (31/1/2021), yang rusak akibat hujan deras yang mengguyur sejak Sabtu (30/1/2021) malam. - Ist SAR Satlinmas Wilayah I DIY

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Warga di Kalurahan Sabdodadi, Kapanewon Bantul mengeluhkan kondisi jembatan Manding yang rusak menahun. Pondasi jembatan di sisi timur disebut sudah keropos lantaran sering dilewati kendaraan berbadan besar.

Jembatan Manding merupakan penghubung Jalan Imogiri Manding dan Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo yang membentang di atas Sungai Winongo. Dengan predikat Desa Mandiri Budaya cukup banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Advertisement

BACA JUGA: Biar Jalan Lancar, Bantul Sapu Bersih PKL di Jembatan Kretek 2

“Sudah sebelum pandemi Covid-19 kondisinya sudah rusak. Karena sering dilewati truk bermuatan dan bus wisata besar,” kata Lurah Sabdodadi Siti Fatimah, Minggu (14/5/2023).

Menurutnya, kerusakan jembatan memang tidak terlihat saat dilewati sekilas. Namun warga yang berada di sekitar jembatan tahu pasti dengan kondisi pondasi yang berada di sisi timur. Jika tidak diantisipasi, ditakutkan akan muncul insiden yang tidak diinginkan.

“Sudah kami laporkan dan belum ada dicek, sebelum pandemi sudah dikeluhkan warga tetapi belum ada respons,” ujarnya.

Di sisi lain pihaknya juga meminta kepada intansi terkait lainnya untuk membangun lahan parkir di wialayah setempat. Di sebelah utara desa itu terdapat lahan kosong yang bisa dimanfaatkan bus pariwisata untuk parkir seluas 500 m2.

“Di sana kan ga ada lahan parkir itu juga jadi penyebab macet, selama ini parkir di bahu jalan dan buat macet. Kalau bisa ada lahan 50 meter dicor untuk lokasi parkir dan mengurangi kepadatan,” katanya.

BACA JUGA: Wisata di Bantul Akhir Pekan Ramai Setelah Jembatan Kretek II Dibuka

Kepala DPUPKP Kabupaten Bantul Aris Suharyanta mengatakan, pihaknya belum mendapat laporan dari warga soal kerusakan pondasi jembatan Manding yang rusak. Pihaknya berjanji untuk mengecek ke lokasi dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

“Kami belum dapat laporan, tetapi besok kita koordinasikan dan biar di cek sama petugas,” ucapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement