Advertisement

Bupati Gunungkidul Melayat ke Pemakaman Korban Penembakan Polisi Pengaman Dangdutan

David Kurniawan
Senin, 15 Mei 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Bupati Gunungkidul Melayat ke Pemakaman Korban Penembakan Polisi Pengaman Dangdutan Prosesi pemakaman korban tertembak senapan polisi di Dusun Wuni, Nglindur, Girisubo. Senin (15/5/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bupati Gunungkidul, Sunaryanta melayat ke rumah duka warga yang meninggal karena tertembak senapan polisi di Dusun Wuni, Nglindur, Girisubo, Senin (15/5/2023) siang. Dia berharap peristiwa ini menjadi pembelajaran bersama sehingga kasus yang sama tidak terulang.

“Saya ikut berduka cita kepada keluarga korban,” katanya kepada wartawan, Senin siang.

Advertisement

Menurut dia, peristiwa ini tidak ada unsur kesengajaan. Adapun kasusnya diserahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib.

Sunaryanta menilai kasus tertembaknya salah seorang warga terjadi karena diawali terjadinya keributan. Ia berharap tidak ada lagi kejadian yang sama terulang. “Sudah bukan jamannya ribut-ribut saat pertunjukan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Dangdutan Ricuh, Pemuda Gunungkidul Tewas Tertembak Senapan Polisi

Menurut dia, kegiatan pertunjukan di masyarakat sudah tidak ada larangannya. Kendati demikian, ia meminta agar pelaksanaan dapat berjalan tertib, aman dan lancar dari mulai awal hingga selesai acara.

“Kalau bisa berbaik-baik apalagi jalan bareng kan lebih enak. Tapi, memang ini sulit karena melibatkan banyak orang,” katanya.

Meski demikian, Sunaryanta berharap agar penonton pertunjukan belajar untuk bersikap dewasa dan mengindari aksi-aksi kekerasan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. “Kejadian ini merupakan insiden yang tidak disengaja. Jadi, harus ada edukasi ke masyarakat tentang keamanan maupun lainnya,” katanya.

Acara bersih telaga di Dusun Wuni, Nglindur, Girisubo pada Minggu (14/5/2023) malam berujung ricuh hingga menyebabkan seorang pemuda Aldi Apriyanto,19, meninggal dunia. Korban tewas diduga tertembak senapan milik petugas kepolisian yang mengamankan acara.

Kepala Dusun Wuni, David Nurvianto mengatakan, kejadian sekitar pukul 23.00 WIB. Sebelum kejadian, sempat terjadi kericuhan dalam acara pentas musik dangdut dalam rangka bersih telaga.

Korban pada saat itu berada di duduk di atas panggung menghadap penonton. “Korban juga ikut menjadi panitia acara," kata David.

Dia menjelaskan, pada saat pengamanan tiba-tiba terdengar suara letusan senapan yang diduga berasal dari senjata milik anggota polisi di sekitar lokasi. “Entah sengaja atau tidak, senjata Laras panjang milik petugas kepolisian pelatuknya tertarik hingga mengenai korban,” katanya.

Menurutnya, korban langsung tergeletak dengan luka pada lengan atas hingga tembus bagian tulang rusuk. Sesaat kejadian langsung ada upaya pertolongan untuk dibawa ke rumah sakit. Namun demikian, upaya tersebut tak membuahkan hasil karena korban meninggal di Tengah perjalanan.

“Kondisinya setelah tertembak, memang sudah tak sadarkan diri,” kata David.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement