Advertisement

Paksiji Gelar Seminar dan Launching Buku Pendidikan Karakter Anti Korupsi

Media Digital
Jum'at, 19 Mei 2023 - 16:17 WIB
Sunartono
Paksiji Gelar Seminar dan Launching Buku Pendidikan Karakter Anti Korupsi Paksiji Gelar Seminar dan Launching Buku Pendidikan Karakter Anti Korupsi. - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Forum Penyuluh Antikorupsi Sahabat Integritas Jogja Istimewa (Paksiji) menggelar seminar nasional pendidikan antikorupsi dan launching buku pendidikan karakter antikorupsi dengan Tema Literasi Pendidikan Antikorupsi: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila digelar pada Rabu (17/5/2023). Kegiatan penyebarluasan semangat anti korupsi ke seluruh masyarakat, sekaligus dalam rangka menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional itu dihelat PAKSIJI bekerjas ama dengan Inspektorat  DIY.

Ketua PAKSIJI Totok Suharto menyampaikan pentingnya peran Paksiji dalam rangka mengupayakan Pendidikan antikorupsi. “Launching buku ini sekaligus menjadi media perbaikan karakter generasi muda, agar mereka tumbuh menjadi generasi muda yang anti korupsi,” katanya,

Advertisement

Adapun Keynote Speech dari Inspektorat DIY sekaligus membuka kegiatan disampaikan oleh Sekretaris Inspektorat DIY Totok Purwoirawan menyampaikan bahwa salah satu dari strategi trisula pemberantasan korupsi adalah Sula Pendidikan yang digalakkan dengan kampanye dan edukasi. Kampanye aini untuk menyamakan pemahaman dan persepsi masyarakat tentang tindak pidana korupsi, bahwa korupsi berdampak buruk dan harus diperangi bersama. P

endidikan antikorupsi merupakan salah satu strategi pemberantasan korupsi karena dapat menciptakan ekosistem budaya antikorupsi dalam membangun karakter generasi muda. Lembaga pendidikan menjadi salah satu wahana strategis dalam rangka menyuarakan kebaikan serta membekali generasi muda yang bebas korupsi dan merupakan basis pendidikan karakter generasi muda Indonesia untuk jangka panjang. “Sangat penting menanamkan pendidikan anti korupsi secara berkesinambungan,” ujarnya.

Kemudian dilangsungkan diskusi dengan narasumber dari KPK dalam hal ini Sugiharto, SE selaku Kasatgas Pemberdayaan Direktorat Diklat Antikorupsi KPK RI yang menyampaikan materi mengenai Lembaga KPK, dari mulai struktur kelembagaan, strategi pencegahan korupsi, hingga rencana program KPK pada tahun 2023.

Paparan dua narasumber Suyadi dan Suyitno yang merupakan penyuluh anti korupsi dari PAKSIJI. Narasumber membahas tentang pendidikan anti korupsi di sekolah dari jenjang SD-SMA. Sekaligus launching buku yang telah disusun oleh narasumber berupa buku Pendidikan Karakter Anti Korupsi – Proyek Penguatan Pelajar Pancasila di berbagai jenjang pendidikan. Dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, hingga jenjang SMA/MA/SMK.

Bagian kedua dilanjutkan dengan   narasumber yaitu Jamila Lestyowati yang menyampaikan paparannya tentang teknik menulis pengalaman. Kemudian narasumber berikutnya Aniek Juliarini menyampaikan mengenai materi Strategi Menerbitkan Buku.  Terakhir Joko Irawan Mumpuni dari Penerbit Andi menjadi narasumber dari praktisi penerbitan buku, yang menyampaikan mengenai serba serbi penerbitan buku dan teknik menulis yang cepat, praktis, dan mudah.. 

Kegiatan dilakukan secara daring dan luring dilaksanakan di Gedung Inspektorat. Sedangkan kegiatan daring dilaksanakan melalui zoom meeting dan live youtube. Dalam kegiatan luring yang dilaksanakan di Gedung Inspektorat DIY hadir 64 peserta, sedangkan dalam kegiatan daring melalui zoom meeting dan youtube live, tercatat hadir 150 peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement