Advertisement

Membedah Jejak Sejarah Kebangkitan Nasional melalui Film Dokumenter

Media Digital
Minggu, 21 Mei 2023 - 09:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Membedah Jejak Sejarah Kebangkitan Nasional melalui Film Dokumenter Dibalik Bingkai dan Museum Sonobudoyo melakukan pemutaran dan diskusi film dokumenter Bapak Kebangkitan Nasional: dr. Wahidin Soedirohoesodo, Sabtu (20/5 - 2023) ist

Advertisement

JOGJA—Tepat pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2023, Dibalik Bingkai dan Museum Sonobudoyo melakukan pemutaran dan diskusi film dokumenter Bapak Kebangkitan Nasional: dr. Wahidin Soedirohoesodo, Sabtu (20/5/2023)

Pemutaran film dokumenter garapan Dibalik Bingkai yang diselenggarakan di Bisokop Sonobudoyo ini terbuka untuk umum dan gratis.

Advertisement

Siapa dan bagaimana perjalanan perjuangan sosok yang dikenal dengan sebutan Bapak Kebangkitan Nasional ini diungkap dari data-data sejarah dan kesaksian keluarganya.

Wahidin Soedirohoesodo, sebagai inisiator dan inspirator kebangkitan nasional adalah seorang dokter berjiwa sosial tinggi yang tinggal di Yogyakarta. Bukan hanya seorang dokter, Wahidin ternyata juga seorang dalang. Dia juga pencetus dan penggerak gerakan pers di Indonesia.

Selain mengungkap sosok dokter Wahidin, film ini juga mengungkap fakta sejarah peristiwa perjalanan kebangkitan nasional yang terjadi di Yogyakarta disajikan dalam film tersebut.

Kongres Pertama Budi Utomo diselenggarakan di Yogyakarta. Tempat kongres itu sekarang menjadi SMA 11 Yogyakarta. Dokter Wahidin setelah wafat dimakamkan di Yogyakarta, tepatnya di Mlati Sleman.

Acara yang digelar untuk ikut memperingati Hari Kebangkitan Nasional ini adalah sebagai salah satu upaya menelusuri jejak sejarah dan meneladani nilai perjuangannya. Film dokumenter ini juga telah tayang di youtube Dibalik Bingkai. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendaku Gantikan Twitter, Elaelo Kini Justru Kena Suspend

News
| Senin, 17 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement