Advertisement

Sensus Pertanian, BPS Latih Warga Menjadi Petugas

Media Digital
Selasa, 23 Mei 2023 - 22:37 WIB
Maya Herawati
Sensus Pertanian, BPS Latih Warga Menjadi Petugas Suasana pelatihan petugas lapangan Sensus Pertanian 2023 yang diselenggarakan BPS Kota Jogja di Hotel Kimaya, Selasa (23/5/2023). - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

JOGJA—Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jogja akan menggelar sensus pertanian pada Juni dan Juli 2023. Persiapan dilakukan BPS Kota Jogja dengan melatih warga untuk menjadi mitra BPS yang akan bertugas di lapangan. Total ada 79 petugas sensus pertanian dari mitra BPS yang dilatih selama empat hari pada Selasa (23/5/2023).

Kepala BPS Kota Jogja, Mainil Asni menjelaskan mitra BPS yang menjadi petugas sensus merupakan warga Jogja yang sebelumnya telah berpengalaman dalam kegiatan sensus. “Semuanya merupakan warga Jogja yang memiliki pengalaman sensus. Mereka kami berikan materi pelatihan selama empat hari agar semakin paham dan sensusnya dapat berhasil,” kata Mainil saat ditemui di sela-sela pelatihan di Hotel Kimaya, Selasa.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Mainil menjelaskan sensus bertujuan untuk mendapatkan data-data pertanian di Kota Jogja yang akan ditindaklanjuti dengan program dan kebijakan yang tepat. “Tujuan sensus ini sangat penting karena mempengaruhi program dan kebijakan yang akan diambil pemerintah terkait dengan pertanian di Kota Jogja, jadi kami harap masyarakat memberikan data yang tepat kepada petugas sensus,” katanya.

BACA JUGA: Bantul Memperketat Pengawasan Tanah Kas Desa

Sensus pertanian, menurut Mainil, dilakukan rutin setiap 10 tahun sekali. “Tentu dalam kurun waktu setahun ini banyak perubahan dalam pertanian di Kota Jogja. Kalau kami lihat saat ini banyak urban farming, di mana banyak kalangan milenial yang menggelutinya, tentu ini perlu dicek ke lapangan untuk mendapat data yang valid,” ujarnya.

Semua wilayah di Kota Jogja, menurut Mainil, akan disensus. “Jumlah petugasnya proporsional, misalnya di Kemantren Umbulharjo yang wilayahnya luas, nanti petugasnya juga banyak,” katanya.

Pelaksanaan sensus pertanian dilakukan 1 Juni hingga 31 Juli 2023. Secara teknis sensus dilakukan menggunakan formulir berbasis online. “Kami harap masyarakat Jogja mau membantu sensus ini dengan memberikan jawaban dan data yang tepat agar arah pertanian juga sesuai dengan realita di lapangan,” tutur Mainil. (BC)

 

 

BACA JUGA:  Kementerian BUMN Bersama Telkom Bagikan 1000 Paket Sembako Murah di Batulicin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ganjar akan Dilibatkan Langsung Dalam Pemilihan Bakal Cawapres

News
| Sabtu, 10 Juni 2023, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Hotel Unik, Ternyata Bekas Bangunan Stasiun Megah

Wisata
| Jum'at, 09 Juni 2023, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement