Advertisement

Duh, Ada Puluhan Ibu Hamil di Kulonprogo Idap Sifilis

Newswire
Rabu, 24 Mei 2023 - 15:27 WIB
Arief Junianto
Duh, Ada Puluhan Ibu Hamil di Kulonprogo Idap Sifilis Ilustrasi sifilis. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo, Sri Budi Utami mengemukakan bahwa pada 2022, puluhan ibu hamil di Kulonprogo menderita sifilis.

Sri Budi Utami mengatakan pada 2022, jumlah ibu hamil yang diperiksa sebanyak 3.913 jiwa. Dari jumlah itu, hasilnya yang menderita sifilis mencapai 69 jiwa atau sekitar 2%.

Advertisement

Kemudian, jumlah populasi kunci yang diperiksa sebanyak 1.243 orang, hasilnya penderita sifilis mencapai 14 orang atau lebih dari 1,1%.

Pada periode Januari hingga awal Mei 2023, dari populasi kunci yang dites sifilis sebanyak 349 jiwa, dan hasil reaktif ada delapan jiwa atau 2,3%. Kedelapan orang reaktif tersebut, tujuh orang lelaki suka lelaki (LSL) dan satu ibu rumah tangga.

"Penyebab sifilis di Kulonprogo lebih disebabkan oleh perilaku berisiko, karena sebagian besar ditemukan pada kelompok populasi kunci," kata Sri Budi Utami, Rabu (24/5/2023).

BACA JUGA: Separuh Pengidap Sifilis Jogja Tak Berobat, Ini Penyebabnya..

Dia mengatakan perhatian sudah harus dilakukan untuk ibu hamil, artinya kasus sudah meluas tidak hanya di populasi kunci. Upaya yang sudah dilakukan Dinas Kesehatan, yakni skrining pada semua ibu hamil saat antenatal care (ANC) terpadu.

Selain itu, Dinkes melakukan skrining pada populasi kunci HIV, yakni LSL dan wanita penjaja seks. "Kami juga melakukan skrining pada pasien infeksi menular seksual dan skrining pada wanita dengan riwayat keguguran berulang, serta melakukan komunikasi, informasi dan edukasi [KIE] kepada populasi kunci HIV," katanya.

Sri Budi Utami mengatakan cara penularan penyakit sifilis, di antaranya karena kontak seksual, penggunaan jarum suntik yang tidak steril. Selain itu, sifilis disebabkan penularan dari ibu hamil ke janin dan kontak langsung dengan luka terbuka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement