Advertisement

Pecahkan Rekor MURI, 1.000 Bibit Jintan Hitam Ditanam di Cangkringan

Sunartono
Sabtu, 27 Mei 2023 - 15:17 WIB
Sunartono
Pecahkan Rekor MURI, 1.000 Bibit Jintan Hitam Ditanam di Cangkringan Penanaman 1.000 bibit jintan hitam di Wukirsari, Cangkringan, Sleman yang digelar oleh Farmasi UII, Sabtu (27/5/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Aksi pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) digelar dengan menanam 1.000 bibit Habbatussauda atau jintan hitam di Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Sabtu (27/5/2023) pagi.

Kegiatan dalam rangka peringatan hari Jamu Nasional pada 27 Mei itu dihelat Herbangin plus Habbatussauda bekerja sama dengan PSOH (Pusat Studi Obat Herbal) Farmasi, Universitas Islam Indonesia.

Advertisement

Penanaman seribu bibit Habbatussauda ini dihadiri sejumlah pimpinan universitas dan fakultas serta perangkat desa dan warga setempat. Aksi penanaman seribu bibit itu dilakukan karena keberadaan bahan jintan hitam bagi bahan dasar pembuatan berbagai produk kesehatan banyak dikembangkan oleh para praktisi. Selain itu manfaatnya terbukti di dunia global dan banyak dibahas oleh berbagai jurnal kesehatan internasional.

BACA JUGA : Bantul Raih Rekor Muri Pembuatan Biosaka Terbanyak

“Habbatussauda ini sudah banyak dibahas oleh berbagai jurnal kesehatan internasional. Penanaman ini bentuk kolaborasi antara praktisi dan institusi pendidikan tinggi untuk memeriahkan Hari Jamu Nasional. Program ini sekaligus menjadi bentuk pelestarian tanaman habbatussauda yang telah terbukti manfaatnya,” Dekan FMIPA UII Profesor Riyanto.

Ia mengatakan jintan hitam atau populer dengan habbatussauda kini memang semakin populer sebagai bahan pembuatan obat herbal dan jamu. Hal ini tidak terlepas dari berbagai manfaat yang dipercaya bisa mengobati berbagai masalah kesehatan seperti menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan.

“Herbangin plus Habbatussauda merupakan brand pertama  pertama di Indonesia yang memiliki kandungan jintan hitam. Pusat Studi Obat Herbal berfokus pada tanaman obat herbal dan memiliki salah satu tujuan sebagai sarana dalam pengembangan dan pemanfaatan tanaman obat di bidang pendidikan,  penelitian,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Antiteror Grebek Rumah Terduga Teroris di Cikampek

News
| Sabtu, 15 Juni 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement