Advertisement

DPRD Jogja Terima Aduan Keberadaan Pedagang Selundupan di Teras Malioboro 2

Triyo Handoko
Senin, 29 Mei 2023 - 17:32 WIB
Budi Cahyana
DPRD Jogja Terima Aduan Keberadaan Pedagang Selundupan di Teras Malioboro 2 Anggota DPRD Kota Jogja Antonius Fokki Ardianto (tengah) bersama para pedagang Teras Malioboro 2. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DPRD Kota Jogja menerima aduan beberapa persoalan dalam penataan pedagang di Teras Malioboro 2. Ada pedagang yang seharusnya tak menempati Teras Malioboro 2 sehingga pedagang yang semula berjualan di trotoar Jalan Malioboro tidak kebagian tempat.

Anggota DPRD Jogja Antonius Fokki Ardianto mengatakan beberapa lapak di Teras Malioboro 2 ditempati pedagang yang sebelumnya tidak berjualan di trotoar Malioboro. Praktik ini merugikan pedagang lama Malioboro karena mereka akhirnya tidak bisa berjualan di lokasi baru.

Advertisement

DPRD Jogja juga mendapat aduan adanya monopoli lapak. “Di samping itu, pengurus inti dari paguyuban yang lama [Paguyuban PKL Malioboro] ternyata diindikasikan mempunyai lapak lebih dari satu lapak dengan mengatasnamakan keluarga atau saudara-saudaranya,” ujar Antonius Fokki Ardianto, Senin (29/5/2023).

Fokki menjelaskan Teras Malioboro 2 seharusnya menampung pedagang kaki lima (PKL) Malioboro yang sebelumnya telah berjualan sebelum penataan. Teras Malioboro 2 adalah selter sementara sebelum para pedagang dipindah lagi sehingga Pemkot Jogja diminta mendata para pedagang secara akurat agar masalah serupa tidak terulang.

“Temuan pedagang hantu dan indikasi penyelewengan lapak ini adalah hasil verifikasi yang dilakukan Paguyuban Pedagang Teras Malioboro 2,” katanya.

Fokki menyebut setidaknya ada tujuh PKL yang tidak terakomodasi di Teras Malioboro 2. “Tujuh orang ini dulu berjualan di depan Tourism Center, sekarang mereka keleleran,” kata dia.

Data pedagang Malioboro yang valid juga akan memudahkan relokasi yang akan segera dilakukan. “Penataan juga harus adil, jangan menyelewengkan lapak strategis, harus adil dan transparan” ujarnya.

Pedagang di Teras Malioboro 2 akan dipindah ke utara Teras Malioboro di depan Pasar Bringharjo. Teras Malioboro 2 dan bangunan di sebelah selatannya, yakni Gedung DPRD DIY akan dipakai Pemda DIY untuk membangun Jogja Planning Gallery (JPG) mulai tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement