Advertisement

UII dan Provinsi Riau Memperkuat Kerja Sama

Media Digital
Senin, 29 Mei 2023 - 22:57 WIB
Maya Herawati
UII dan Provinsi Riau Memperkuat Kerja Sama Rektor UII, Profesor Fathul Wahid (kanan) dan Gubernur Riau, Syamsuar (kiri), seusai menandatangani nota kesepahaman di Rektorat UII, Senin (29/5 - 2023). / Harian Jogja/ Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Islam Indonesia (UII) dan Pemprov Riau menandatangani nota kesepahaman, Senin (29/5/2023). Dengan penandatanganan ini, diharapkan dapat memaksimalkan kerja sama, baik dalam pendidikan maupun dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi Riau.

Rektor UII, Profesor Fathul Wahid menjelaskan Riau merupakan daerah yang berkontribusi cukup banyak dalam menyalurkan lulusan SMA ke kampus-kampus di Jogja, termasuk UII. “Data yang ada di sistem kami setiap tahun ada 250 sampai 300 lulusan SMA di Riau yang kuliah di UII,” ujarnya.

Advertisement

Di antara daerah lain di Sumatra, Riau menjadi yang tertinggi. Daerah kedua yakni Lampung dan Sumatra Selatan. “Semoga ini menjadi hal baik, modal bagi kerja sama antara UII dengan Pemerintah Provinsi Riau,” kata dia.

Untuk mempermudah lulusan SMA mengakses informasi tentang penerimaan mahasiswa baru di UII, jajarannya akan membuat tim untuk merumuskan pola informasi yang lebih lengkap untuk calon mahasiswa di berbagai daerah.

“Kami juga insyaallah ingin mengulang sejarah. Di akhir 1960-an kami memiliki 22 fakultas di delapan kota, kami ingin mengulang itu. Kami akan membuat program studi di luar kampus utama. Riau menjadi salah satu kandidatnya,” katanya.

Gubernur Riau, Syamsuar menuturkan banyak alumni UII dan kampus lain di Jogja yang menjadi pejabat di Pemprov Riau. “Karena sudah terpatri kalau mau kuliah ya di Jogja. Kampus ini [UII] sudah menjadi kebanggaan anak Riau. Maka saya ingin mengajak kerja sama,” katanya.

Dengan kerja sama ini, Pemprov Riau bisa mengakomodasi bantuan jika ada calon mahasiswa yang membutuhkan beasiswa untuk kuliah di Jogja. Selain itu, kerja sama juga diharapkan dapat membantu Pemrov Riau dalam menangani berbagai persoalan yang dihadapi. (BC)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement