Advertisement

Libur Long Weekend, Jumlah Penumpang Bandara YIA Diprediksi Mendekati Libur Lebaran

Newswire
Kamis, 01 Juni 2023 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Libur Long Weekend, Jumlah Penumpang Bandara YIA Diprediksi Mendekati Libur Lebaran Para pelaku perjalanan melalui YIA, Kulonprogo, belum lama ini. - Harian Jogja - Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta atau Bandara YIA di Kabupaten Kulonprogo, DIY, memproyeksi terjadi kenaikan jumlah penumpang pesawat selama libur panjang dari 1-4 Juni 2023, baik yang datang atau berangkat.

Pejabat Pengganti Sementara (PGS) General Manager Bandara YIA Bambang Triyono di Kulonprogo, Kamis, mengatakan pada hari, jumlah penumpang yang berangkat dan datang mencapai lebih dari 13.000 orang.

Advertisement

"Pada libur panjang ini ada peningkatan penumpang. Hari ini mencapai lebih dari 13.000 penumpang," kata Bambang, Kamis (1/6/2023).

Ia mengatakan penyebaran penumpang lebih dinamis, artinya tidak menumpuk pada jam tertentu, tapi ada yang pagi, siang dan sore hari. Jumlah 13.000 penumpang dapat terlayani dengan baik.

"Berpengalaman dari Posko Lebaran 2023 yang mencapai 18.000 penumpang. Namun demikian, penumpang yang datang dapat menggunakan transportasi lain," katanya.

Lebih lanjut, Bambang memproyeksi jumlah penumpang pada Minggu (4/6) sekitar 14.000 sampai 15.000 orang. Ia juga mengatakan cuaca sangat membantu penerbangan. Jam operasional tetap sama antara 06.00 WIB sampai 21.00 WIB.

"Kemudian, kereta api juga telah mengubah jam layanan supaya dapat mengakomodasi penumpang pesawat yang datang malam hari," katanya.

BACA JUGA: Wisata Yogyakarta, 3 Pantai di Gunungkidul Ini Punya Tebing yang Cantik

Bambang mengatakan sampai hari ini, maskapai penerbangan belum ada yang mengajukan penambahan penerbangan. Semua penerbangan reguler dalam kondisi normal, hanya optimistis okupansi tinggi.

"Memang ada kenaikan penumpang untuk tujuan Balikpapan, Ujung Pandang dan Banjarmasin. Kalau Jakarta rutin," katanya.

Dia juga mengatakan jumlah penumpang yang melalui Bandara YIA pasca Lebaran tetap tinggi. Terendah 11.000 penumpang, naik ke 14.000, baik kembali ke angka 16.000 penumpang per hari. "Setelah itu turun lagi, dan hari ini pada angka 13.000 penumpang," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement