Advertisement

Wacana ASPD Dihapus, Disdikpora Kulonprogo: Perlu Ada Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Siswa

Catur Dwi Janati
Sabtu, 03 Juni 2023 - 09:17 WIB
Sunartono
Wacana ASPD Dihapus, Disdikpora Kulonprogo: Perlu Ada Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Siswa Pelaksanaan ASPD di Kota Jogja, beberapa waktu lalu / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kepala Diskdikpora Kulonprogo, Arif Prastowo berpendapat keberadaan ASPD merupakan hal baik untuk asesmen. ASPD dinilai dapat menilai kemampuan literasi, sains maupun numerasi dari peserta didik. "Memang itu diperlukan [ASPD]," ungkapnya pada Jumat (2/6/2023).

"Asesmen daerah mungkin juga masih dipandang perlu untuk melihat kemampuan siswa di regional DIY misalnya," katanya.

Advertisement

Bila dihapuskan, Arif mengungkapkan yang terpenting ada cara lain yang bisa untuk mengetahui situasi murid. Salah satu caranya menurit Arif adalah asesmen nasional. 

"Saya berpikir apakah, perlunya asesmen nasional itu juga untuk beberapa kelas. Memang tidak semua kelas tidak semua anak, tetapi asesmen nasional sekarang ini apakah sudah bisa mewakili untuk mengatakan bahwa kondisi atau kapasitas siswa sudah seperti yang diharapkan apa belum. Karena jumlah sampelnya juga tidak terlalu banyak," ujarnya.   

Di sisi lain jika ASPD masih bisa terus digulirkan, Arif mengusulkan jenis soal yang digunakan dalam ASPD dapat mengacu pada asesmen nasional. Tujuannya sama, asesmen bisa digunakan untuk menilai kemampuan anak.

Dalam pelaksanaannya, Arif juga menyampaikan alangkah baiknya ASPD  digelar di pertengahan tahun. Pasalnya jika dilaksanakan di akhir tahun, besar potensi asesmen akan berbarengan dengan kegiatan-kegiatan anak di sekolah  

"Yang penting bisa mengetahui kapasitas siswa itu di dalam kemampuan literasi, numerasi dan sains itu seperti apa," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement