Advertisement

4 Agenda KEN Kemenparekraf Digelar di Sleman, Begini Respons Wabup Danang

Abdul Hamied Razak
Minggu, 04 Juni 2023 - 17:17 WIB
Abdul Hamied Razak
4 Agenda KEN Kemenparekraf Digelar di Sleman, Begini Respons Wabup Danang Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa saat mengunjungi stan UMKM di Festival Van Der Wijck di Buk Renteng, Banyurejo, Tempel pada Jumat (2/6 - 2023). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— Pada 2023 ini, terdapat enam agenda pariwisata di DIY lolos dalam daftar Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Keenam event tersebut, masing-masing Jogja Violin Fest (Sleman), Festival Van Der Wijck (Sleman), Keroncong Plesiran (Sleman), dan Ngayogjazz (Sleman). Dua event lainnya Sumonar Fest (Kota Jogja) dan Wayang Jogja Night Carnival (Kota Jogja).

Advertisement

Terkait hal itu, Wakil Bupati Danang Maharsa menyampaikan perasaan bangga atas pencapaian tersebut. Hal itu menunjukkan event pariwisata yang digelar di Sleman berkelas dan berkualitas. Dia menyontohkan Festival Van Der Wijck yang berhasil masuk daftar KEN Kemenpar pada tahun ini, meski baru dilaksanakan kali kedua namun bisa memberikan suguhan yang berkualitas.

BACA JUGA: Ribuan KWT Pakem dan Turi Bekumpul di Kali Boyong, Ada Apa?

Bagi Danang, suatu keberuntungan jika Festival Van Der Wijck menjadi salah satu event yang lolos dalam KEN dan dibiayai sepenuhnya oleh Kemenparekraf. "Ini membuktikan bahwa Sleman memiliki potensi wisata yang tak kalah menawan dari daerah lain. Prestasi ini patut dibanggakan, dan semoga bisa ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya," ujar Danang, Minggu (4/6/2023).

Karisma Event Nusantara (KEN) merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif. Pada tahun ini terdapat 110 agenda unggulan yang telah dikurasi dari 291 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia.

Staf Ahli Menteri Kemeparekraf, Fajar Hutomo, membenarkan bahwa Festival Van Der Wijck 2023 masuk dalam daftar KEN Kemenparekraf 2023. Fajar pun menyampaikan pemilihan Festival Van Der Wijck dalam Karisma Event Nusantara tak terlepas dari keunikan pemilihan tema "Rice For All" dan suguhan berbagai pertunjukan budaya di Kabupaten Sleman.

"Dengan menyuguhkan berbagai pertunjukan budaya, membawa festival ini masuk dalam karisma event nusantara. Tentu saja setelah melalui proses akurasi yang detail dan selektif. Semoga festival ini tidak hanya memperluas peluang pariwisata Sleman namun juga sekaligus memberikan dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat," kata Fajar.

BACA JUGA: Merasakan Lapangan Mini Soccer Berstandar Internasional di HK 99 Karitas

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid mengatakan Festival Van Der Wijck yang digelar 1&2 Juni 2023 dilaksanakan dengan suasana yang berbeda. Tak hanya dimeriahkan dengan penampilan beragam kesenian lokal, festival tersebut juga dinobatkan menjadi salah satu agenda yang lolos dalam KEN Kemenparekraf.

"Salah satu yang spesial dari tahun ini adalah Festival Van Der Wijck menjadi 1 dari 110 daftar kegiatan dalam Karisma Event Nusantara. Hal ini patut kita syukuri, dan semoga semakin membuka pintu untuk mengenalkan pariwisata khususnya di Sleman Barat," kata Ishadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Erupsi, Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement