Advertisement

Pekerjakan Anak-Anak Jadi LC Karaoke di Parangtritis, Pria asal Tegal Ini Ditangkap Polisi

Ujang Hasanudin
Kamis, 22 Juni 2023 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Pekerjakan Anak-Anak Jadi LC Karaoke di Parangtritis, Pria asal Tegal Ini Ditangkap Polisi Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Polres Bantul menangkap pria berinisial AN, 40. Warga asal Tegal, Jawa Tengah itu diduga telah mempekerjakan anak di bawah umur untuk dijadikan pemandu karaoke (ladies companion/LC) di salah satu tempat hiburan di kawasan Pantai Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul.

“Penangkapan dilakukan oleh petugas Unit PPA Satreskrim Polres Bantul saat menggelar operasi terhadap tempat-tempat karaoke yang berada kawasan tersebut, pada Jumat malam lalu,” kata Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Kamis (22/6/2023).

Advertisement

Saat masuk ke tempat hiburan yang dikelola tersangka AN dan melakukan pemeriksaan identitas, polisi mendapati seorang pemandu karaoke di bawah umur. Pemandu karaoke yang baru berusia 17 tahun itu berinisial NK, warga Cirebon, Jawa Barat.

Jeffry menjelaskan perdasarkan keterangan tersangka AN, korban NK direkrut melalui jajaring sosial Facebook. NK sudah bekerja di tempat hiburan milik AN sekitar empat bulan lalu.

BACA JUGA: Pemuda Ini Curi Kotak Infaq di Gunungkidul untuk Karaoke dan Kencan Online

Atas perbuatannya itu, tersangka AN dikenakan Pasal 2 Ayat 1 UU No 21/2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) subsider Pasal 88 juncto Pasal 76 I UU No 35/2014.

Selain menangkap tersangka AN, dalam operasi tersebut polisi juga menyita minuman beralkohol berbagai merek yang ditemukan dilokasi.

Jeffry berpesan kepada para orang tua yang mempunyai anak perempuan di usia remaja untuk selalu mengawasi.  Pasalnya, korban ekspolitasi anak di bawah umur itu mengaku kepada keluarganya bekerja di rumah makan.

“Biasanya tidak jujur mengaku kepada keluarganya bekerja di rumah makan atau kafe. Tetapi kenyataannya malah bekerja menjadi pemandu lagu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kini Sertifikat dan Notifikasi Imunisasi Dapat Diakses secara Digital

News
| Senin, 20 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement