Advertisement

Sultan: Endemi, Faskes Masih Melayani Pasien Covid-19

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 23 Juni 2023 - 18:57 WIB
Maya Herawati
Sultan: Endemi, Faskes Masih Melayani Pasien Covid-19 Gubernur DIY Sri Sultan HB X - Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pemerintah Pusat resmi mengeluarkan keputusan perubahan status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Meski demikian di wilayah DIY, fasilitas kesehatan masih terus melayani pasien Covid-19.

Hal ini diutarakan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X Juma (23/4/2023). Sultan menyebut untuk DIY sendiri masih terdapat beberapa kasus Covid-19. 

Advertisement

“Tapi kan yang di RS masih kami [tanggung], bukan berarti dinyatakan endemi tidak ada yang kena [Covid-19],” katanya saat ditemui di kompleks Kepatihan, Jumat (23/6/2023). 

BACA JUGA: BPBD Sleman Siapkan 5.000 Liter Air untuk Hadapi Kekeringan Tahun Ini

Menurut Sultan, sejumlah fasilitas kesehatan di DIY pun masih membuka pelayanan bagi pasien Covid-19. Hingga saat ini pelayanan kesehatan terhadap pasien Covid-19 pun masih ditanggung pemerintah. 

“Kami fasilitas kesehatan tetap siaga untuk itu. Satgasnya mungkin yang sudah selesai, tetapi Pemda DIY tetap memfasilitasi,” katanya. 

Meskipun Pemerintah Pusat telah menetapkan status endemi, namun Sri Sultan HB X masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari pemerintah pusat.

Menurut Sultan, setelah beralih menjadi endemi dapat dimungkinkan pembiayaan terhadap pelayanan kesehatan pasien Covid-19 selama masa endemi dapat ditanggung BPJS Kesehatan, sedangkan bagi mereka yang belum ditanggung BPJS Kesehatan dapat membayar dengan biaya pribadi. 

“Ya sudah endemi, tapi kan masih ada [pasien Covid-19] yang di RS. Pengobatan tetap dilakukan oleh BPJS mungkin, kalau memang disetujui pemerintah, kalau enggak ya dibayari dewe-dewe [sendiri-sendiri],” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus Rombongan SMK Depok Kecelakaan, Sejumlah Korban Meninggal Dibawa ke RSUD Subang

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement