Advertisement

Gempa Bantul dan Jogja, Ini Daftar Sementara Kerusakan: Plafon Ambrol dan Tembok Roboh

Ujang Hasanudin & Abdul Hamid Razak
Jum'at, 30 Juni 2023 - 21:02 WIB
Budi Cahyana
Gempa Bantul dan Jogja, Ini Daftar Sementara Kerusakan: Plafon Ambrol dan Tembok Roboh Kerusakan akibat gempa Bantul di di Perpustakaan Pondok Pesantren Bin Baz Piyungan, Jumat (30/6/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah kerusakan dilaporan menyusul gempa magnitudo 6.4 yang berpusat di Bantul dan terasa keras di Jogja dan sekitarnya pada Jumat (30/6/2023) malam.

Di Bantul, plafon bangunan rusak karena kerasnya getaran akibat gempa. Sejumlah tembok roboh.

Advertisement

Dinding di Perpustakaan Pondok Pesantren Bin Baz Piyungan, Bantul, rusak dan sebagian keramiknya ambrol. Sementara, di Karangtengah, Imogiri, sebagian gentang warga juga merosot. Tembok rumah di Bibis, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, juga roboh.

Akun Twitter TRC BPBBD DIY melaporkan beberapa kerusakan tersebut. Di Gunungkidul, plafon Taman Budaya Gunungkidul juga ambruk menimpa kursi. Genteng beberapa rumah di Pacarejo, Semanu, juga berjatuhan.

Gempa terasa keras dan berlangsung lumayan lama di wilayah Jogja dan sekitarnya pada Jumat (30/6/2023) malam sekitar pukul 19.59 WIB. Kaca-kaca dan tembok bergetar. Namun, belum ada laporan kerusakan.

Berdasarkan informasi resmi dari BMKG titik gempa tersebut berada di Bantul dengan kekuatan magnitudo 6,4 MG.

Mag:6.4, 30-Jun-23 19:57:43 WIB, Lok:8.63 LS,110.08 BT (86 km BaratDaya BANTUL-DIY), Kedlmn:25 Km, tdk berpotensi tsunami,” demikian keterangan Twitter BMKG, Jumat (30/6/2023).

Gempa kali ini terasa lumayan kencang dan lama. Di pusat Kota Jogja, seperti di area Tugu Jogja, kaca-kaca bergetar keras. Sementara, tembok juga berderit mengeluarkan bunyi cukup keras saat gempa terjadi. Warga berhamburan keluar rumah.

Getaran akibat gempa di Bantul dirasakan juga di sejumlah wilayah di Jawa Tengah mulai Solo, Purworejo, Kebumen, Megelang, Temanggung, Wonosobo, hingga Semarang.

BACA JUGA: Potensi Gempa Megathrust Kulonprogo: Gelombang Setinggi 9 Meter, Warga Punya Waktu 22 Menit untuk Evakuasi

Dalam sebulan ini, sudah dua kali Jogja diguncang gempa yang cukup keras yang membuat warga berlarian keluar rumah.

Gempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Jogja dan sekitarnya pada Kamis (8/6/20230) dinihari. Warga pun berhamburan keluar rumah.

“#Gempa Magnitudo: 6.0, Kedalaman: 10 km, 08 Jun 2023 00:04:55 WIB, Koordinat: 9.15 LS-110.69 BT (117 km BaratDaya PACITAN-JATIM), Tidak berpotensi tsunami #BMKG,” tulis akun twitter @info BMKG.

BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG menyarankan agar masyarkaat tetap berhati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

Gempa yang berpusat di laut selatan tersebut dirasakan hampir seluruh wilayah DIY serta beberapa di antaranya Jawa Tengah. Warga di wilayah Banguntapan, Bantul banyak yang terbangun dan berlarian keluar rumah saat gempa mengguncang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mesin Pesawat Garuda Pengangkut Jemaah Haji Terbakar, Begini Reaksi Kemenag

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement