Advertisement

Ubur-Ubur Mulai Banyak di Laut, Belasan Wisatawan Pantai Parangtritis Tersengat

Hadid Husaini
Minggu, 02 Juli 2023 - 20:37 WIB
Arief Junianto
Ubur-Ubur Mulai Banyak di Laut, Belasan Wisatawan Pantai Parangtritis Tersengat Ilustrasi ubur-ubur - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Selama tiga hari masa liburan, tepatnya pada Kamis (29/6/2023) hingga Sabtu (1/7/2023), ada belasan wisatawan Pantai Parangtritis yang tersengat ubur-ubur.

"Jumlah tepatnya ada 15 wisatawan. Sayangnya, kami tidak mendata dari mana asal mereka [wisatawan yang tersengat ubur-ubur]," kata Komandan SAR Satlinmas Wilayah lll Parangtritis, Muhammad Arif Nugraha, Minggu (2/7).

Advertisement

Munculnya ubur-ubur, kata Arif, adalah siklus yang biasa terjadi, khususnya di perairan Selatan DIY. Dia mengatakan munculnya ubur-ubur dilatari oleh kondisi peralihan musim panas ke dingin.

“Memang tidak setiap hari muncul ubur-ubur. Biasanya musim dingin seperti ini pas tengah hujan sama musim kemarau, memasuki juni Agustus selama itu ubur-ubur muncul ke permukaan,” kata dia.

BACA JUGA: Mulai Muncul Ubur-Ubur, Pengunjung Pantai Parangtritis Bantul Diminta Waspada

“Kalau dari pengakuan nelayan, ubur ubur banyak sekali di tengah laut, karena sebelumnya angin berhembus ke utara banyak yang muncul ke permukaan” kata dia.

Dia menjelaskan bagian ubur-ubur yang perlu diwaspadai adalah bagian rumbai-rumbai yang berwarna biru dan berlendir. "Bagian yang beracun yang rumbainya ada benang jelinya ada rumbai rumbainya itu yang bikin sakit,” katanya.

Jika ada wisatawan tersengat ubur-ubur, kata dia, hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan luka serta memberikan salep pereda pada bagian yang terkena sengatan.

Selain itu, dia mengimbau kepada wisatawan agar menjauhi gelembung biru yang berada di sekitar bibir pantai. “Bila melihat gelembung warna biru  harap dijauhi. Yang memiliki anak supaya dipantau, Kadang kalau anak malah dipakai mainan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKS Berharap Prabowo-Gibran Ajak Gabung Koalisi Pemerintah Seperti PKB dan NasDem

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement