Advertisement

Terhubung Exit Toll Jogja Solo, Ruas Jalan Baru Prambanan-Gayamharjo Bakal Membelah Perbukitan dan Lembah

Sunartono
Senin, 03 Juli 2023 - 14:27 WIB
Sunartono
Terhubung Exit Toll Jogja Solo, Ruas Jalan Baru Prambanan-Gayamharjo Bakal Membelah Perbukitan dan Lembah Petugas pengukur dari Satgas A melakukan pengukuran bidang terdampak pembangunan jalan tol Joglo di Jobohan, Bokoharjo, Prambanan. /Harian Jogja - Abdul Hamid Razak.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Trase pembangunan ruas jalan baru Prambanan-Gayamharjo bakal melewati perbukitan dan lembah di Kawasan Prambanan, Sleman. Ruas jalan baru ini akan terhubung langsung dengan exit toll Bokoharjo untuk ruas tol Jogja Solo.

Pembangunan jalan baru ini telah melalui proses persiapan dengan pembebasan lahan yang dilakukan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Sleman menggunakan dana keistimewaan DIY.  Penggunaan danais ini dilakukan karena kawasan lokasi pembangunan masuk dalam Saturan Ruang Strategis (SRS) Keistimewaan, yaitu SRS Prambanan-Candi Ijo dan SRS Karst Gunungsewu untuk wilayah Gunungkidul.

Advertisement

BACA JUGA : Bappeda Kulonprogo Usulkan Titik Exit Tol Jogja Solo di Dua Lokasi

Jalan ini nantinya akan menyambung dengan exit toll Bokoharjo dari ruas Simpang Susun Purwomartani di Cupwatu ke arah tenggara kemudian beririsan dengan Jalan Piyungan Prambanan dan menyambung ke jalan Baru Prambanan-Gayamharjo. Ruas jalan baru ini akan melewati sejumlah perbukitan dan lembah dna kemungkinan akan ada pengeprasan perbukitan.

“Trasenya melalui lembah dan perbukitan,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUP ESDM DIY, Kwaryantini Ampeyanti Putri, Senin (3/6/2023).

Meski demikian kepastian waktu pembangunan jalan ini belum diketahui karena masih dalam proses pengusulan ke Pemerintah Pusat. Rencananya akan dibagi menjadi dua yaitu segmen A sepanjang 4,7 kilometer yang berada di sisi barat atau terhubung dengan exit toll Bokoharjo dibangun oleh Kementerian PUPR.

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Ruas Kartasura-Purwomartani Ditarget Beroperasi Fungsional Lebaran 2024

“Sedangkan untuk segmen B sisi timur dengan Panjang 4,35 kilometer ini rencananya akan dibangun Pemda DIY menggunakan dana keistimewaan, saat ini sedang diusulkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Turki Pukul Israel dengan Embargo Hubungan Perdagangan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement