Advertisement

Nuthuk Tarif Parkir, Polisi Cokok 2 Jukir di Jalan Sarkem Jogja

Yosef Leon
Selasa, 04 Juli 2023 - 13:27 WIB
Jumali
Nuthuk Tarif Parkir, Polisi Cokok 2 Jukir di Jalan Sarkem Jogja Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pokja Penindakan Kota Jogja mencokok dua juru parkir (jukir) nakal yang kedapatan memasang tarif parkir di atas ketentuan (nuthuk), Senin (3/7/2023) malam di seputaran Jalan Pasar Kembang (Sarkem).

BACA JUGA: Penangkapan Jukir Nuthuk di Pasar Beringharjo

Advertisement

Kepala Pokja Penindakan Kota Jogja AKP Archye Nevadha menjelaskan, kedua jukir itu yakni EA alias Pak Ogah dan AP. EA ditangkap di Jalan Sarkem tepatnya di sebelah barat Loko Kafe. Sementara AP diringkus di simpang tiga Jalan Sarkem.

"Ini merupakan tindak lanjut dan upaya pengawasan dan pencegahan berkaitan dengan insiden tarif parkir nuthuk. Apalagi sekarang masih musim liburan sekolah," kata Archye , Selasa (4/7/2023).

Polisi ikut mengamankan sejumlah barang bukti dari para tersangka. Dari tersangka EA diperoleh uang tunai senilai Rp10.000. Sementara dari tersangka AP uang tunai yang disita sebesar Rp115.000.

"Tersangka EA ini mengutip tarif parkir senilai Rp10.000 per satu unit mobil kemudian yang tersangka AP memungut tarif Rp25.000 untuk satu kendaraan roda empat. Itu tidak sesuai ketentuan," jelasnya.

Keduanya melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Jogja No 2/2019 tentang Perparkiran Jo Perda Kota Jogja No 1/2020 tentang Retribusi Pelayanan Parkir Tepi Jalan Umum. Keduanya dikenakan tindak pidana ringan (tipiring).

"Segera akan disidangkan di Pengadilan Negeri Jogja agar ada efek jera," ucap Archye.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan jika mendapati insiden tarif parkir nuthuk di wilayah Kota Jogja. Para jukir juga diwanti-wanti agar menataati aturan dalam penyelenggaraan perparkiran. Polisi, kata dia, akan patroli untuk melakukan pengawasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement