Advertisement

Program PTSL Kulonprogo Capai 97%, Menteri Agraria: Bagus!

Newswire
Selasa, 11 Juli 2023 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Program PTSL Kulonprogo Capai 97%, Menteri Agraria: Bagus! Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengapresiasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kulonprogo yang telah mencapai 97%.

"Di Kulonprogo ini sebetulnya untuk program PTSL sudah 97 persen, bagus. Walaupun penduduknya tersebar di wilayah-wilayah perbukitan seperti ini, namun karena program PTSL ini adalah program yang revolusioner menyentuh ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga saya senang sekali secara langsung melihat dan masyarakat bisa langsung menerima sertifikat," ujar Hadi Tjahjanto dikutip dari Antara, Selasa (11/7/2023). 

Advertisement

Hadi Tjahjanto menyerahkan 16 sertifikat tanah masyarakat dan delapan sertifikat tanah wakaf hasil program PTSL di Desa Banjarsari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Selain memastikan tanah masyarakat tersertifikat dengan baik dan benar, tujuan kehadiran Hadi Tjahjanto di desa-desa ialah untuk memeriksa adanya masyarakat yang tidak puas, baik secara proses penyertifikatan maupun biaya yang dikeluarkan. Dirinya mengetahui bahwa tidak ada masyarakat yang terbebani ataupun diminta pungutan liar (pungli).

Baca juga: Warganet Soroti Langkah Nathalie Holscher Lepas Hijab

"Saya cek mereka tidak harus dipungut biaya besar, hanya sesuai dengan SKB [Surat Keputusan Bersama] 3 Menteri, Rp150.000. Rasa bangga dan senang kita melihat semua masyarakat bisa menerima walaupun mereka hidup dengan sederhana seperti ini tapi kebanggaan itu bertambah ketika mereka menerima sertifikat," katanya.

Selanjutnya, Hadi Tjahjanto menegaskan soal peningkatan ekonomi yang terjadi lantaran masyarakat menggunakan sertifikat tanahnya untuk modal usaha. Dia pun mengimbau masyarakat melanjutkan UMKM-nya dengan mengagunkan sertifikat tanah ke perbankan.

"Tujuan presiden dengan program ini adalah masyarakat sejahtera, ekonomi juga bisa terungkit. Karena ini sebagai modal untuk usaha-usaha kecil dan mereka banyak usaha kecil, entah itu di ladang, jualan makanan, dan sebagainya. Ini sangat membantu dan dampak yang langsung adalah dampak ekonomi," katanya.

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) menjadi program revolusioner yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Program tersebut dijalankan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sejak tahun 2017 dan telah menyentuh seluruh lapisan masyarakat di penjuru Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement