Advertisement

Keren! Sajikan Dekorasi Pernikahan Berbahan Serat Alami Terbanyak, Murakabi Craft Cetak Rekor MURI

Media Digital
Selasa, 11 Juli 2023 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Keren! Sajikan Dekorasi Pernikahan Berbahan Serat Alami Terbanyak, Murakabi Craft Cetak Rekor MURI Murakabi Craft berhasil mencatatkan diri di Museum Rekor Indonesia (MURI) usai menggelar pernikahan dengan dekorasi berbahan serat alami terbanyak. - Ist

Advertisement

KULONPROGO—Plh. Bupati Kulonprogo, Triyono SIP, MSi memberikan apresiasi dan bangga kepada Murakabi Craft yang berhasil mencatatkan diri di Museum Rekor Indonesia (MURI) usai menggelar pernikahan dengan dekorasi berbahan serat alami terbanyak.

Pargono selaku pemilik Murakabi Craft sekaligus orang tua mempelai putri mengatakan, rekor ini tak lepas dari dukungan dan motivasi tinggi dari tim kreatif Murakabi Craft dan juga para pengrajin yang ada di Kulonprogo.

Advertisement

"Rekor ini berkat dukungan dan motivasi berbagai pihak, Alhamdulillah bisa terwujud. Kami sampaikan terima kasih kepada pengrajin yang memberi support juga kepada tim kreatif Murakabi. Penghargaan ini dipersembahkan kepada para pelaku usaha di Kulonprogo. Semoga UMKM di Kulonprogo bisa mendunia," kata Pargono.

Dalam sambutannya, saat penyerahan Piagam MURI di lokasi Murakabi Craft, Nanggulan, Minggu (9/7/2023), Triyono menggambarkan Kulonprogo sebagai kawasan yang kaya serat alam. "Potensi alam ini terbukti bernilai ekonomis tinggi jika digali, diolah dan dikembangkan menjadi produk yang diterima pasar domestik dan ekspor," kata Triyono lebih lanjut.

Oleh karena itu, Piagam MURI tersebut, kata Triyono, bisa dimaknai sebagai pembuktian atas kerja keras para pelaku UMKM selama bertahun-tahun menekuni produk serat alam yang dikenal ramah lingkungan tersebut.

Baca juga: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Disdikpora DIY Melarang Perpeloncoan

Sri Widayati dari MURI menyampaikan, MURI sangat mengapresiasi pelaksanaan resepsi pernikahan yang megah dan unik ini. Dikatakannya dengan dekorasi produk hasil kerajinan rumahan atau UMKM berbahan serat alami mulai dari eceng gondok, pandan, pelepah pisang, serat agel dan daun palem yang memenuhi seluruh lokasi pernikahan sangat layak mendapat apresiasi tinggi.

"Bisa kita saksikan bersama bahwa arena resepsi pernikahan didekorasi begitu indah dan unik. Mewakili Ketua Umum MURI, maka hari kami mengesahkan sekaligus mengumumkan bahwa "Pernikahan dengan Dekorasi Berbahan Serat Alami Terbanyak" , resmi tercatat di MURI sebagai rekor yang ke- 11.050 sebagai rekor Dunia," kata Sri.

Hasil kreatifitas Murakabi Craft tercatat berupa lampion sebanyak 1.000 buah, karpet enceng gondok sepanjang 100 m, karpei pandan 100 m, karpet pelepah pisang 50 m, wall decore sebanyak 1.000, kursi 1000, meja 250 dan keranjang serat alam sebanyak 1.000 buah yang kesemuanya berbahan serat alam. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Desak Israel Berhenti Menyerang Rafah, China: Itu Kejahatan Kemanusian

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement