Advertisement

Ada Daging Antraks yang Dikonsumsi, Begini Penjelasan MUI Bantul

Hadid Husaini
Jum'at, 21 Juli 2023 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Ada Daging Antraks yang Dikonsumsi, Begini Penjelasan MUI Bantul Ilustrasi daging / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bantul menanggapi kondisi daging dari hewan ternak yang terkena virus antraks yang menyebabkan beberapa orang di Gunungkidul tertular.

Ketua MUI Bantul, Habib Asyakur menyampaikan bahwa secara fatwa, pengonsumsian daging antraks sangat berkaitan dengan sifat makanan. Menurut dia, daging ternak yang dikonsumsi tidak layak. "Kalau sebenarnya itu urusannya halalan thoyiban. Jadi enggak cuma halal tapi juga thoyib," kata dia kepada Harianjogja.com, Kamis (20/7/2023).

Advertisement

Itulah sebabnya, daging yang terserang virus antraks, menurutnya tidak menjadi baik lagi untuk dikonsumsi meski pada dasarnya daging itu halal.

BACA JUGA: Antraks, Kudu Diwaspadai Tanpa Perlu Panik

Dia menyampaikan selama ini di Kabupaten Bantul dalam memperlakukan hewan ternak yang telah mati selalu diperlakukan dengan protokol penguburan agar tidak berpotensi menjadi penyakit.

"Kalau di Bantul selama ini yang saya lihat kalau ada hewan mati langsung ditanam di kubur, umpama dibeli tetangganya, dan lain lain secara hukum tidak boleh karena tidak sah dan najis," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa kondisi hewan tersebut dengan cara dikonsumsi setelah mati bukan hanya sebatas tidak wajar namun juga tidak sah secara hukum Islam. 

Oleh sebab itu, masyarakat hendaknya bisa teliti memilih daging mana yang aman untuk dikonsumsi. "Masyarakat diharapkan untuk berhati hati apakah sampai di Bantul atau tidak, dianjurkan untuk berhati-hati untuk memilih hewan yang akan dikonsumsi,baik yang masih daging atau masih hidup,"katanya.

Habib juga berharap kepada dinas terkait untuk meneliti hewan yang masuk ke Bantul dan mencegah penyebaran penyakit antraks agar tidak menyebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement