Advertisement

84 Kampung Diajukan Masuk Program Kampung Iklim Diajukan ke Pusat

Yosef Leon
Senin, 24 Juli 2023 - 22:47 WIB
Maya Herawati
84 Kampung Diajukan Masuk Program Kampung Iklim Diajukan ke Pusat Ilustrasi iklim / Freepik

Advertisement

JOGJA—Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja mengusulkan sebanyak 84 kampung menjadi Program Kampung Iklim (Proklim) ke Pemerintah Pusat. Pengusulan ini menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk mengedukasi masyarakat dalam mengelola lingkungan yang berkelanjutan.

Pelaksana Sekretaris DLH Kota Jogja, Very Tri Jatmiko mengatakan pembentukan Kampung Proklim juga bertujuan untuk memberikan apresiasi dan mendorong partisipasi aktif seluruh pihak guna meningkatkan ketahanan perubahan dan pengurangan emisi gas rumah kaca. Untuk memperkuat kapasitas pengurus maka diadakan workshop.

Advertisement

"Kami sudah mengusulkan 84 kampung dengan mengisi data Sistem Registri Nasional [SRN] Pengendalian Perubahan Iklim [PPI] dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan [KLHK]," ujarnya saat ditemui, Senin (24/7/2023).

BACA JUGA: PT Pindad Bakal Dipindah dari Bandung ke Subang, Presiden Jokowi: Dilakukan Bertahap

Adapun pembentukan Kampung Proklim sudah dimulai sejak 2012 hingga 2022. Beberapa Kampung Proklim di antaranya Kampung Kadipaten yakni di RW 1, 2 dan 3; Kampung Dipowinatan di RW 1, 2 dan 3; Kricak RW 5,9 dan 3; RW 13 Karangwaru; RW 5 Tegalrejo: RW 2 dan 3 Bener; serta Bumijo di RW 3 dan RW 7. "Kriteria Kampung Proklim ini macam-macam, tetapi yang penting lingkungan yang hijau atau penghijauan, ketahanan pangan dan kebersihan," ujar dia.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jogja Kadri Renggono mengatakan kehadiran Kampung Proklim telah mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Sebagai bentuk apresiasi kepada Kampung Proklim di Kota Jogja, Pemkot terus mendukung dan memfasilitasi langkah-langkah keberlanjutannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement