Advertisement

Kantor PDAM Bantul Dibangun Ulang Pakai APBD Rp3,9 Miliar

Ujang Hasanudin
Rabu, 26 Juli 2023 - 16:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kantor PDAM Bantul Dibangun Ulang Pakai APBD Rp3,9 Miliar Kondisi kantor lama PDAM Bantul di Jalan Sudiro Husodo tengah dirobohkan secara bertahap, Rabu (25/6/2023). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul tengah melakukan proses pembangunan ulang kantor pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Atau Perumdam Tirta Projotamansari. Total anggaran untuk membangun kantor layanan Badan Perusahaan Milik Daerah (BUMD) tersebut Rp3,9 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023.

“Rp3,9 miliar anggarannya. Itu membangun total. Merobohkan terus membangun kembali,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul, Aris Suharyanta, saat dihubungi Rabu (26/7/2023).

Advertisement

Proses perobohan bangunan sudah dimulai sejak pekan lalu. Proses pembangunan tersebut membutuhkan waktu sekitar tujuh bulanan.

Dari pantauan di lapangan, tampak sejumlah pekerja merobohkan kantor PDAM Bantul di Jalan Wahidin Sudiri Husodo tersebut.

Baca juga: Begini Curhatan Mahasiswa Muslim yang Kuliah di Kampus Katolik, Nyamankah Mereka?

Perobohan diawali dengan pembongkaran bagian atap. Penurunan genteng dan kayu-kayu yang masih bisa dimanfaatkan kembali. “Rencana akan dibangun dua lantai,” ujarnya. Bangunan kantor layanan PDAM ini sebelumnya hanya satu lantai.  

Direktur Utama Perumdam Tirta Projotamansari Bantul, Arinto Hendro Budiantoro mengatakan pembangunan kantor layanan masyarakat tersebut karena bangunan lama dinilai sudah lapuk. Bangunan lama itu dibangun seusai gempa bumi 2006 silam. Sejak saat itu sampai sekarang belum pernah mengalami renovasi.

Ia  berharap nantinya dengan adanya gedung baru pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik lagi. Arinto juga memastikan adanya pembangunan ulang kantor perusahaan yang dipimpinnya tersebut tidak mengganggu proses pelayanan, baik pengaduan, perbaikan saluran pipa, pemasangan baru sambungan rumah, hingga pembayaran retribusi air bersih. “Sehingga tidak ada gangguan signifikan sama sekali,” ujar Arinto.

Proses pelayanan kantor sementara menggunakan gedung Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) SDM atau sering disebut gedung Saemaul yang beralamat di Jalan Samas Km 14,5, Dusun Kaligondang, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul. kantor pelayanan sementara itu tepatnya di samping Puskesmas Bambanglipuro.

Arinto mengaku pelayanan masyarakat di kantor baru sudah disosialisasikan kepada masyarakat sejak jauh hari. “Kepindahan kami sudah masuk hari ke-10 sejak senin, pekan lalu. Dan  sudah kita sosialisasikan ke pelanggan lewat media,” katanya.

Datangi Kantor Lama

Namun ia tidak memungkiri masih ada sejumlah pelanggan yang mendatangi kantor lama karena belum mengetahui informasi kepindahan kantor layanan sementara PDAM tersebut. “Memang masih ada masyarakat yang belum tahu. Tapi secara umum sejak beberapa hari ini di kantor layanan kami di Gedung Saemaul sudah banyak masyarakat yang datang,” ujarnya.

Selain layanan PDAM langsung, pihaknya meminta masyarakat mengakses layanan daring atau online yang sudah tersedia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement