Advertisement

Terus Perbaiki Pelayanan, BPKH Jalin Kerja Sama dengan FEB UGM

Media Digital
Kamis, 27 Juli 2023 - 15:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Terus Perbaiki Pelayanan, BPKH Jalin Kerja Sama dengan FEB UGM Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah dan Dekan FEB UGM, Didi Achjari, menandatangani MOU kerja sama BPKH dengan FEB UGM, di FEB UGM, Kamis (27/7/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berkomitmen untuk terus memperbaiki pelayanan serta pengelolaan dana haji.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MOU di FEB UGM, Kamis (27/7/2023).

Advertisement

BACA JUGA: BPKH Raih Opini WTP 5 Kali Berturut-turut dari BPK

Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah, menjelaskan kerja sama ini dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), program magang dan program pengkajian dan penelitian.

“Jadi harapannya ke depan kami dapat dibantu oleh FEB UGM khususnya dalam hal pengembangan SDM, karena kami butuh talenta terbaik dari universitas terbaik di Indonesia untuk bisa mengisi SDM dan kompetisi yang terbaik,” katanya.

Di samping itu, BPKH juga membutuhkan pengkajian dan penelitian yang bersumber dari akademisi UGM, untuk dijadikan referensi dalam pengambilan kebijakan dan untuk mengelola dana haji menjadi lebih baik lagi.

Teknis kerja sama ini bisa berbagai macam bentuk kegiatan. Bisa berupa pelatihan dari UGM untuk SDM di BPKH, bisa program pengembangan pegawai baru dan sebagainya. “Ke depan kami akan ada officer development program, jadi tenaga fresh graduate yang bisa berkarier di BPKH,” katanya.

Dekan FEB UGM, Didi Achjari, mengatakan kerja sama ini juga berkaitan dengan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yakni Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa magang, sehingga mereka bisa merasakan kondisi riil di dunia nyata bagaimana bekerja mengelola suatu institusi keuangan yang besar, yang melayani para calon jamaah haji,” ungkapnya.

Rombongan haji Indonesia merupakan yang terbesar di dunia, dengan jumlah mencapai sekitar 200.000 orang per tahun. “Ini bukan hal yang mudah. Supply chain, logistic, akomodasi dan sebagainya. Bagaimana kita membuat pengelolaan yang baik,” katanya.

Dalam pengelolaan dana haji juga membicarakan keberlanjutan keuangan. Bagaimana mengelola dana untukk operasional setiap tahun sekaligus subsidi bagi jamaah. “Bagaimana mengelola dana yang menghasilkan return yang cukup untuk menghasilkan subsidi yang cukup,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement