Advertisement

Wabup Bantul Restui Pemakaian Dana Bantuan Pedukuhan untuk Atasi Persoalan Sampah

Hadid Husaini
Minggu, 30 Juli 2023 - 13:07 WIB
Arief Junianto
Wabup Bantul Restui Pemakaian Dana Bantuan Pedukuhan untuk Atasi Persoalan Sampah Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPA Piyungan, beberapa waktu lalu. - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul menyarankan kepada masing-masing kalurahan di Bantul agar bisa memaksimalkan dana bantuan pedukuhan untuk mengatasi persoalan penumpukan sampah.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo mengatakan, dana bantuan sebesar Rp50 juta untuk setiap pedukuhan bisa dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan selain infrastruktur. Misalnya soal pendidikan, tekes, dan masalah sampah.

Advertisement

“Selama ini, duit Rp50 juta seringnya dipakai untuk infrastruktur, cor jalan, beli Tossa [sepeda motor roda tiga]. Ini terjadi betul, akhirnya sekarang kedandapan ketika butuh dana mengatasi masalah sampah,” ujar Joko, Jumat (28/7/2023).

BACA JUGA: Sampah Jogja Sudah Mulai Dikirim ke TPA Piyungan

Beberapa kelurahan, kata dia, seperti misalnya Sabdodadi sebelumnya juga telah mencontohkan bagaimana penggunaan dana bantuan di setiap pedukuhan telah berjalan dengan baik sehingga permasalahan sampah bisa teratasi. Dia berharap kelurahan yang sudah steril bisa meniru.

Untuk itu, dia juga mengaku sudah meminta izin secara langsung kepada Bupati Bantul agar Kelurahan bisa melakukan kebijakan khusus penanganan sampah tersebut.

Joko menambahkan dengan terbitnya Surat Keputusan (SK) Bupati Bantul No 333/2023 tentang Darurat Pengelolaan Sampah, semua pihak berkomitmen untuk serius dalam menangani persoalan sampah di Bumi Projotamansari. “Saya minta, jangan ada yang cari untuk dengan kondisi darurat [sampah] ini.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelar Pertemuan Tertutup, Prabowo Minta Masukan SBY Sebelum Dilantik Jadi Presiden RI

News
| Jum'at, 20 September 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement