Advertisement

Sampah Jogja Sudah Mulai Dikirim ke TPA Piyungan

Triyo Handoko
Jum'at, 28 Juli 2023 - 19:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sampah Jogja Sudah Mulai Dikirim ke TPA Piyungan Beberapa gerobak sampah berjejer di depan depo pembuangan sampah sementara di samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Senin (9/5/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASampah di Kota Jogja sudah mulai dikirimkan ke TPA Piyungan pada Jumat (28/7/2023) siang. Sampah yang dikirimkan ke TPA Piyungan itu diangkut dengan 14 truk milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja.

Pengiriman sampah dengan 14 truk tersebut dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB. Sampah yang diangkut ke TPA Piyungan bersumber dari berbagai depo di wilayah Jogja.

Advertisement

Total depo yang sampahnya sudah diangkut ke TPA Piyungan dari Jogja sebanyak delapan depo dan satu tempat penampungan sementara (TPS). Sembilan depo tersebut meliputi Depo Utoroloyo, Depo Dukuh, Depo RRI, Depo Pengok, Depo Mandala Krida, Depo Argolubang, Depo Lapangan Karang, Depo Nitikan. Sedangkan satu TPS yang sampahnya sudah diangkut ke TPA Piyungan adalah TPS Taman sari.

Baca juga: TPA Piyungan Ditutup: Sampah Menggunung di Alun-alun Selatan Jogja

Jumlah sampah yang diangkut dari masing-masing depo dan TPS beragam. Seperti Depo Utoroloyo, Depo Dukuh, Depo Argolubang, dan Depo Nitikan serta TPS Tamansari sebanyak satu rit sampah. Sementara depo lainnya sebanyak dua rit sampah.

Kepala DLH Kota Jogja Sugeng Darmanto menjelaskan satu rit sampah setara dengan sekitar lima ton. “Kalau kemarin hanya lima depo yang dibuka sekarang sudah kami tambah lagi depo yang dibuka. Nanti akan bertahap pembukaannya, karena jumlah alokasi sampah ke TPA Piyungan juga terbatas juga,” jelasnya, Jumat (28/7/2023) sore.

Tidak hanya sampah di depo yang sudah diangkut ke TPA Piyungan, beberapa titik gunungan sampah di pinggir jalan juga sudah dibersihkan DLH Jogja. Seperti di Jl. Kusumanegara, Jl. Batikan, Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Jl. Serma Taruna Ramli, Jl. Tukangan, Jl. Pattimura, hingga Jembatan Serangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SPS Gelar Dialog Media: Refleksi 25 Tahun Pasca Perpres Publisher Rights dan HUT SPS ke-78

News
| Jum'at, 20 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement