Advertisement

Malioboro Bakal Jadi Zona Rendah Emisi, Area Parkir Abu Bakar Ali Segera Dibongkar

Triyo Handoko
Senin, 31 Juli 2023 - 16:17 WIB
Maya Herawati
Malioboro Bakal Jadi Zona Rendah Emisi, Area Parkir Abu Bakar Ali Segera Dibongkar Jalan Malioboro, Jogja. - Harian Jogja - Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kawasan Maliboro Jogja segera diubah menjadi zona rendah emisi alias low emission zone (LEZ) dan ditata ulang. Salah satunya adalah dengan membongkar Taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA) dan menjadikannya ruang terbuka hijau.

Taman Parkir ABA dianggap tidak mendukung program Malioboro rendah emisi karena letaknya segaris lurus dengan Sumbu Filosofi yang dalam jangka panjang juga akan diubah menjadi zona rendah emisi.  

Advertisement

Dinas Perhubungan (Dishub) DIY sudah mengantisipasi relokasi Taman Parkir ABA dengan taman parkir lain. “Sudah ada antisipasinya, Parkiran Senopati, Parkiran Ngabean, Parkiran Ketandan, dan lainnya masih mencukupi,” kata Plt Kepala Dishub Sumariyoto, Senin (31/7/2023).

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Ruas Trihanggo-Junction Sleman Mulai Dibangun, Ini Titik Exit Toll Sepanjang Ringroad Sleman

Program Malioboro rendah emisi sendiri akan dimulai pada 2025 mendatang, jelas Sumariyoto, sedangkan relokasi Taman Parkir ABA sudah mulai dilakukan. “Tahun ini kami akan melakukan kajian terhadap relokasi ini, terutama kondisi bangunan Parkiran ABA apakah masih layak untuk digunakan di tempat lain. Karena itu kan rangka besinya cukup lumayan, itu yang akan dikaji,” jelasnya.

Sumariyoto menyebut rencananya Taman Parkir ABA akan direlokasi ke area Eks-UPN yang berada di Ketandan. “Rencananya di area eks-UPN, tapi belum final masih dilakukan kajian,” ujarnya.

Tak hanya merelokasi Taman Parkir ABA, lanjut Sumariyoto, kendaraan bermisi juga tidak boleh melewati Malioboro. “Tidak boleh karena prinsipnya untuk menjaga lingkungan Malioboro Jogja agar rendah emisi, udaranya bersih,” ucapnya.

Dalam penataan ulang Malioboro Jogja sebagai zona rendah emisi, selain merelokasi Taman Parkir ABA, menurut Sumariyoto, Pemda DIY juga memindahkan Gedung DPRD DIY pada 2025 mendatang. “Jalan sirip-sirip di Malioboro juga akan ditata supaya rendah emisi,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement