Advertisement

Tol Jogja Solo Ruas Trihanggo-Junction Sleman Mulai Dibangun, Ini Titik Exit Toll Sepanjang Ringroad Sleman

Sunartono
Senin, 31 Juli 2023 - 14:17 WIB
Sunartono
Tol Jogja Solo Ruas Trihanggo-Junction Sleman Mulai Dibangun, Ini Titik Exit Toll Sepanjang Ringroad Sleman Pembangunan Tol Jogja Solo. - Istimewa/PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM)\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan jalan tol Jogja Solo Seksi 2.2B yang tersambung dengan exit toll Jogja Bawen tepatnya ruas Junction Sleman-Trihanggo mulai dibangun pada akhir triwulan kedua 2023.

Meski tidak terlalu panjang ruas yang akan dibangun ini akan melewati sejumlah titik krusial yaitu kawasan Ringroad Trihanggo, Gamping, Sleman yang merupakan jalan utama dengan kepadatan tinggi setiap harinya. Khusus untuk pembangunan konstruksi di area Ringroad Trihanggo ini baru akan dimulai September 2023 mendatang. Adapun pada ruas jalan tol dari Junction Sleman saat ini sudah mulai berlangsung pembangunannya.

Advertisement

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Ruas Trihanggo Mulai Dibangun, Jalan Ringroad Akan Diperlebar Sebelum Tiang Pancang Didirikan

Empat titik exit toll atau dikenal on ramp dan off ramp Tol Jogja Solo bakal dibangun di sepanjang Ringroad Utara Sleman. Secara umum pembangunan tol Jogja Solo wilayah DIY tahap I sepanjang 49,25 Km yang saat ini sedang dalam proses konstruksi terdiri dari Seksi 1 Kartasura-Purwomartani (42,37 km) ditambah sebagian dari Seksi 2.1 Purwomartani-Maguwoharjo (3,63 km) serta sebagian dari seksi 2.2 Trihanggo-Junction Sleman (3,25 km). Kemudian dilanjutkan tahap II yaitu Seksi 3 Junction Sleman-Purworejo (38,57 km) atau dikenal dengan tol Jogja-YIA. Baru kemudian terakhir atau tahap III yaitu Seksi 2 Maguwoharjo-Trihanggo (8,75 km).

Ruas Maguwoharjo-Trihanggo atau disebut tol dalam kota ini akan dibangun terakhir. Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan arus keluar masuk jalan tol di area Purwomartani serta untuk memudahkan arus keluar masuk via Jalan Tol Jogja-Bawen. Ruas Maguwoharjo-Trihanggo ini nantinya akan ada empat on ramp dan off ramp terdiri atas on of Maguwoharjo, on off UPN, on off Monjali dan on off Trihanggo.

On Ramp merupakan akses untuk masuk ke jalan tol (baik ada gerbang  tol maupun tidak ada gerbang tolnya, tergantung sistem pengoperasian jalan tol tersebut). Sedangkan off ramp adalah akses untuk keluar jalan tol (bisa ada gerbang tol maupun tidak ada gerbang tolnya, tergantung sistem pengoperasian jalan tol tersebut. Baik menggunakan sistem terbuka maupun sistem tertutup.

Berdasarkan peta trase yang diperoleh Harianjogja.com, setidaknya ada empat akses keluar masuk jalan tol yang berada di sepanjang ringroad utara, Depok, Sleman. Terdiri atas, pertama on/off ramp di kawasan Maguwoharjo yang berdasarkan peta tampak titiknya berada di sebelah utara ringroad tepatnya di Kawasan Sanggrahan sebelah barat SMK 1 N Depok. Akses ini sangat memungkinkan untuk terhubung langsung dengan ringroad timur, Jalan Solo dan Jalan Tajem.

BACA JUGA : Warga Ungkap Ada Kesalahan Appraisal Belasan Bidang Lahan Tol Jogja Solo Ruas Purwomartani-Maguwoharjo

Kedua, on/off ramp UPN, berdasarkan titik petanya berada di sebelah utara ringroad atau sebelah barat Jalan Nusa Indah. Akses keluar masuk tol ini nantinya akan terkoneksi dengan ringroad dan jalan Nusa Indah.

Ketiga on/off ramp Monjali yang berada di sebelah utara ringroad. Adapun titiknya kemungkinan berada di tengah-tengah antara Jalan Palagan dan Jalan Kaliurang. Akses ini secara otomatis akan terkoneksi dengan ringroad serta kedua jalan tersebut. Jika tol sudah beroperasi, wisatawan dari luar DIY yang lewat tol dan akan menuju ke Kawasan wisata Kaliurang bisa langsung melewati jalur ini.

Keempat on/off ramp Trihanggo yang berada di simpang empat Trihanggo. Titiknya berada di sebelah utara rongroad. Akses ini selain terkoneksi langsung dengan road, juga terhubung dengan Jalan Kabupaten. Titik on off ini berada di sebelah timur Junction Sleman yang merupakan titik persimpangan antara tol Jogja-Bawen, Jogja-Solo dan Jogja-YIA.

Dari keempat on/off ramp ini baru Trihanggo yang akan rampung lebih awal karena ketiga lainnya baru akan dibangun setelah semua ruas tol di DIY selesai konstruksinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ketua KPU RI Tegaskan Caleg Terpilih Tak Wajib Mundur Bila Ingin Maju Pilkada 2024

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Glamping Kapal Selam Ini Ternyata Bekas Sekoci Kapal Tanker

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement