Advertisement

Tol Jogja Solo Ruas Trihanggo Mulai Dibangun, Jalan Ringroad Akan Diperlebar Sebelum Tiang Pancang Didirikan

Catur Dwi Janati
Sabtu, 29 Juli 2023 - 21:42 WIB
Sunartono
Tol Jogja Solo Ruas Trihanggo Mulai Dibangun, Jalan Ringroad Akan Diperlebar Sebelum Tiang Pancang Didirikan Pembangunan jembatan elevated Tol Jogja Bawen di Selokan Mataram di sekitar Desa Margokaton, Seyegan, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan jalan tol Jogja Solo Seksi 2.2B yang tersambung dengan exit toll Jogja Bawen tepatnya ruas Junction Sleman-Trihanggo mulai dibangun pada akhir triwulan kedua 2023.

Meski tidak terlalu panjang ruas yang akan dibangun ini akan melewati sejumlah titik krusial yaitu kawasan Ringroad Trihanggo, Gamping, Sleman yang merupakan jalan utama dengan kepadatan tinggi setiap harinya. Khusus untuk pembangunan konstruksi di area Ringroad Trihanggo ini baru akan dimulai September 2023 mendatang. Adapun pada ruas jalan tol dari Junction Sleman saat ini sudah mulai berlangsung pembangunannya.

Advertisement

BACA JUGA : Pembebasan Lahan Tol Jogja YIA Terganjal Belum Diterbitkan IPL

Sebelum Tol Jogja Solo dibangun, Ring Road akan dilebarkan. Jalan baru di sisi kini dan kanan Ring Road akan dilewati masyarakat umum. Sementara jalan di tengah Ring Road akan ditutup dan didirikan tiang pancang untuk jalan layang Tol Jogja Solo.

Pembangunan jalan tol di atas Ring Road adalah bagian dari proyek Tol Jogja Solo Seksi 2.2B. Seksi ini sejauh 3,25 kilometer dari Junction Sleman sampai dengan Trihanggo. Junction Sleman berada di Dusun Ketingan, Tirtoadi, Mlati, Sleman.

Junction Sleman adalah pertemuan Tol Jogja Bawen, Tol Jogja Yogyakarta International Airport (YIA), dan Tol Jogja Solo. Dari Junction Sleman, Tol Jogja Solo akan mengarah ke timur secara at grade atau dibangun di permukaan tanah hingga tikungan Ring Road Utara dan Barat.

Dari tikungan tersebut, Tol Jogja Solo dibangun melayang hingga Trihanggo di sekitar Perempatan Jalan Kabupaten. Di Trihanggo, Tol Jogja Solo akan dilengkapi On/Off atau jalur untuk keluar dan masuk tol.

Oka Chandra Sukmana, Project Director PT Adhi Karya, perusahaan yang membangun tol dari Junction Sleman sampai Trihanggo, mengatakan jalan tol dari Junction Sleman sampai tikungan Ring Road Utara dan Barat sudah mulai dibangun. Sementara, tol layang dari tikungan sampai Perempatan Jalan Kabupaten dibangun mulai September.

Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Arip Pramana, mangatakan sudah mendapat informasi dari PT Adhi Karya ihwal rencana pembangunan Tol Jogja Solo di Ring Road.

BACA JUGA : Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Belum Kelar, Terendah Baru 40 Persen

Ruas jalan di bagian tengah Ring Road selebar 12 meter akan dipakai untuk mendirikan tiang pancang tol. Sebelum masuk proses ini, PT Adhi Karya akan melebarkan jalan di sisi kanan dan kiri Ring Road. Lahan untuk pelebaran jalan sudah dibebaskan.

Setelah jalan dilebarkan, masyarakat bisa melintas sehingga Ring Road tidak ditutup selama pembangunan tol.

Lebar jalan di Ring Road total 22 meter, dibagi dua jalur untuk arah berlawanan. Setelah area 12 meter di tengah Ring Road dipakai untuk Tol Jogja Solo, jalan yang bisa dilalui masyarakat umum selebar lima sekitar 9,4 meter untuk jalur cepat dan lambat. “Jalur cepat sekitar 6,4 meter dan jalur lambat sekitar tiga meter,” ujar Arip.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Bandang di Sumbar, Basarnas Laporkan Korban Meninggal Capai 43 Orang

News
| Senin, 13 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement