Advertisement

Peringati HUT RI, Diskominfo DIY Bagikan Bendera Ke Masyarakat

Media Digital
Senin, 07 Agustus 2023 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Peringati HUT RI, Diskominfo DIY Bagikan Bendera Ke Masyarakat Pembagian Bendera di Alun-Alun Kidul, Senin (7/8/2023). - Harian Jogja/Stefani Yulindriani Ria S

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY membagikan 100 bendera ke masyarakat sekitar. Pembagian bendera tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme. 

Kepala Diskominfo DIY, Hari Edi Tri Wahyu menyampaikan pada HUT RI tahun ini pemerintah mengambil tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju. Dengan tema tersebut menurut Hari, diharapkan ada sinergitas antar elemen masyarakat untuk terus bergerak bersama demi kemajuan Indonesia. 

Advertisement

“Dengan tema tersebut artinya kita harus terus bergerak bersama, berkolaborasi bersama semua elemen masyarakat,” katanya saat ditemui di Kantor Diskominfo DIY, Senin (7/8/2023). 

Dalam mendukung kemajuan Indonesia, menurut Hari diperlukan rasa patriotisme dan nasionalisme. Karena itu, untuk menggugah rasa nasionalisme dan patriotisme, Diskominfo DIY membagikan bendera merah putih kepada masyarakat di Jogja. 

Baca juga: Ternyata Bukan September, Ini Target TPA Piyungan Transisi Tahap II Selesai Dibangun

“Selain menggugah nasionalisme, pembagian bendera juga untuk menggugah semangat kolektif, harmoni, kolaborasi, mensinkronkan irama gerak dan langkah kita. Setelah pandemi sebagai momentum kita bergerak bersama, kita lanjutkan agar Indonesia semakin maju,” katanya. 

Menindaklanjuti surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI No.400.10.1.1/1965/SJ tanggal 7 April 2023 tentang gerakan pembagian bendera merah putih tahun 2023, menurut Hari pembagian bendera merah putih selama ini telah diselenggarakan Diskominfo DIY setiap tahunnya. 

“Pembagian bendera merah putih ini merupakan agenda tahunan Diskominfo DIY. Pembagian bendera ini merupakan upaya kita memenuhi kebijakan pusat untuk membagikan bendera merah putih pada momen HUT RI tahun 2023,” katanya. 

100 Bendera

Menurut Hari, pada 2023 Diskominfo DIY membagikan total 100 bendera merah putih, yang terdiri dari 20 bendera besar dan 75 bendera kecil. Bendera tersebut dibagikan secara serentak di Kantor Diskominfo DIY, Kampung Dipowinatan, dan Alun-Alun Kidul. Selain itu, sebagai dukungan untuk kegiatan warga dalam menyambut HUT RI tahun 2023, Diskominfo DIY juga memberikan donasi uang senilai Rp500.000 bagi Kampung Dipowinatan. 

“Kami membagikan [bendera merah putih] kepada masyarakat di sekitar Kantor Diskominfo DIY, supaya ada komunikasi dengan masyarakat. Kami juga membagikan kepada masyarakat umum Jogja di Alun-Alun Kidul karena di sana banyak warga yang beraktivitas,” katanya. 

Salah satu warga yang mendapatkan bendera, Sutarno, tukang becak, menyampaikan apresiasinya terhadap gerakan pembagian bendera yang dilakukan Diskominfo DIY. Menurutnya dengan pembagian bendera menjelang HUT RI dapat meningkatkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia. “Saya berterima kasih banyak kepada Diskominfo DIY atas pemberian bendera ini. Semoga bisa amanah,” katanya. 

Rohman, pedagang di Alun-Alun Selatan juga mengapresiasi gerakan pembagian bendera tersebut. “Ini bagus, peduli kepada UMKM. Mudah-mudahan mereka [pahlawan] yang telah berjuang dan generasi muda dapat meneruskan perjuangan para pahlawan, maju terus Indonesia,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement