Advertisement

Desa Terindah di Sleman Menjadi Percontohan hingga Dunia Internasional

Media Digital
Jum'at, 25 Agustus 2023 - 22:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Desa Terindah di Sleman Menjadi Percontohan hingga Dunia Internasional Wisatawan saat berkunjung di Desa Pentingsari - desawisatapentingsari.com

Advertisement

SLEMAN—Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dalam laman resminya telah menempatkan dua desa di Sleman dalam daftar 7 desa wisata yang bisa menjadi contoh konsep Sustainable Tourism atau pariwisata berkelanjutan. Kedua desa tersebut adalah Desa Pentingsari dan Desa Umbulharjo.

Bahkan, Desa wisata Pentingsari telah dikenal internasional sebagai salah satu desa wisata dengan segudang penghargaan. Selain itu, desa yang ada di lereng Gunung Merapi itu masuk dalam 100 besar destinasi berkelanjutan versi Global Green Destinations Days (GGDD). Adapun Desa wisata Pentingsari masuk dalam desa wisata dengan konsep sustainable tourism untuk kategori pelestarian lingkungan.

Advertisement

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan bukan hal mudah kedua desa tersebut bisa masuk dalam daftar 7 desa wisata yang mengusung konsep Sustainable Tourism atau pariwisata berkelanjutan. Sebab, kedua desa ini telah membuktikan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat, UMKM, menciptakan lapangan kerja, dan untuk pelestarian lingkungan.

Baca juga: Wow! 10.000 Penari Montro di Parangkusumo Pecahkan Rekor Muri

Di samping itu Desa Wisata Berkelanjutan ini juga telah membuktikan diri telah lolos dalam penerapan aspek Kebersihan Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan sehingga memperoleh sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability).

"Untuk itu, keberadaan dua desa ini kami harapkan mampu menjadi barometer dan mendorong desa lainnya untuk berkembang," kata Kustini, Jumat (25/8/2023).

Di sisi lain, Pemkab Sleman ke depan akan terus mendorong desa wisata untuk berkembang dan jumlah desa wisata yang menerapkan konsep Sustainable Tourism terus bertambah. Salah satu upaya yang bisa ditempuh, kata Kustini adalah melakukan identifikasi persoalan yang dihadapi oleh desa wisata. Selain itu, harus ada nilai berbeda. Nilai berbeda ini penting agar wisatawan datang ke desa wisata di Bumi Sembada.

"Jika sudah seperti itu, wisatawan akan datang," lanjutnya.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Sleman, Sungkawati Budi Rahayu mengungkapkan sejatinya semua desa wisata di Sleman memiliki potensi yang sama. Hanya saja, untuk Desa Pentingsari dan Umbulharjo memiliki hal yang berbeda utamanya dalam hal kreativitas dan kelembagaan.

Untuk Desa Wisata Pentingsari yang dikenal menawarkan kepada wisatawan terkait pembelajaran budaya desa dan keramahan warga, kata dia, memiliki keunggulan dalam kelembagaan masyarakat. Di mana masyarakat di desa tersebut mampu mencari potensi dan mengembangkannya. "Mereka juga berani sejajar dengan desa lainnya. Di sana pemberdayaannya juga kuat," terangnya.

Konsep yang ada di Desa Pentingsari ini sejatinya hampir sama dengan Desa Panglipuran di Bali. Namun, apa yang dilakukan oleh Desa Pentingsari ini belum sepenuhnya dilakukan oleh desa lainnya di Sleman. Untuk itu, Dinas PMK akan terus mendorong desa lainnya untuk mencontoh ataupun lebih kreatif dalam hal pengelolaan desa wisata.

"Selain itu kami harus terus menyadarkan masyarakat di desa wisata, jika desa wisata itu memiliki potensi luar biasa. Bisa menggerakkan ekonomi masyarakat, UMKM, dan menciptakan lapangan kerja," papar Sungkawati.

Sungkawati mengungkapkan sejak 2021, Dinas PMK Sleman telah menyiapkan dan menguatkan sejumlah desa wisata di Bumi Sembada. Pada 2021 ada 5 desa wisata yang disiapkan dan diperkuat. Sedangkan pada 2022 ada 1 desa wisata. "Untuk yang levelnya di bawah Pentingsari dan saat ini terus kami dorong adalah Wonokerto, Turi," ucapnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Digugat Praperadilan di PN Jaksel Oleh Sekjen DPR Indra Iskandar, Ini Kasusnya

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement