Advertisement

Harga Bawang Merah di Bantul Masih Rendah, Petani Merugi

Lugas Subarkah
Jum'at, 01 September 2023 - 16:37 WIB
Ujang Hasanudin
Harga Bawang Merah di Bantul Masih Rendah, Petani Merugi Petani di Dusun Nawungan, Selopamioro, Imogiri, Bantul memanen bawang merah organik, Jumat (22/6/2018) lalu. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Memasuki awal September, harga bawang merah di Bantul masih rendah. Anjloknya harga bawang merah sudah mulai terjadi sejak akhir Juli lalu, ketika memasuki musim panen raya bawang merah.

Petani dari kelompok Tani Tarunatani Sompok, Kalurahan Sriharjo, Imogiri, Anton, menuturkan harga bawang merah dari petani hingga saat ini masih rendah. “Masih rendah. Dari petani masih di kisaran Rp8.000 sampai Rp10.000,” ujarnya, Jumat (1/9/2023).

Advertisement

Ia menjelaskan harga bawang merah yang rendah itu sudah berlangsung sejak akhir Juli lalu dan sampai akhir Agustus terus menurun. “Turunnya cukup parah, dari yang tadinya Rp35.000 jadi Rp25.000 di pasaran. Kalau dari petani sebelumnya Rp27.000,” katanya.

Aadapun harga di pasaran saat ini sekitar Rp15.000. Rendahnya harga bawang merah ini menurutnya karena petani bawang merah memasuki musim panen raya. “Karena sudah panen raya. Petani di Sanden juga sudah panen semua,” kata dia.

Menurutnya, setiap musim panen raya pasti harga bawang merah akan turun. Hal ini dikarenakan stok yang melimpah sementara bawang merah tidak bisa disimpan lama, sehingga penawaran lebih tinggi dari permintaan. “Kalau hasil panennya kemaren bagus, cuma harganya yang rendah,” katanya.

BACA JUGA: Panen Bawang Merah Bantul Lebihi Angka Nasional

Sekretaris Kelompok Tani Lestari Mulyo Nawungan, Selopamioro, Imogiri, Taman Yuwono, menuturkan untuk harga di pasar saat ini berkisar Rp15.000-Rp18.000 tergantung besar/kecilnya bawang merah. “Ada grade A, greade B, grade C,” kata dia.

Selain panen raya oleh petani di wilayah Bantul seperti Kretek dan Samas, harga yang rendah juga dipengaruhi masuknya bawang merah dari luar daerah ke Jogja. “Dari Nganjuk, Jawa Timur juga panen raya,” ungkapnya.

Dalam musim panen raya ini pun petani dari Nawungan juga sempat menjual bawang merah ke luar daerah dengan harga yang juga sudah turun. “Juli kemaren kami ke Brebes, ngirim, di sana nota [harga] sudah Rp20.000,” paparnya.

Dengan harga saat ini, petani menurutnya tidak mendapatkan untung dari hasil panennya. Untuk mendapatkan keuntungan, ia menyebut setidaknya harga dari petani Rp20.000. “Paling tidak Rp20.000 itu petani sudah untung,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenparekraf Ingin Iuran Pariwisata dari APBN

News
| Senin, 29 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement