Advertisement

Ubur-Ubur Bermunculan di Pantai Gunungkidul, Belasan Wisatawan Jadi Korban Sengatan

David Kurniawan
Minggu, 03 September 2023 - 18:27 WIB
Sunartono
Ubur-Ubur Bermunculan di Pantai Gunungkidul, Belasan Wisatawan Jadi Korban Sengatan Ilustrasi ubur-ubur - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ancaman sengatan ubur-ubur atau impes kembali muncul di kawasan pantai di Gunungkidul. hingga Minggu (3/9/2023) sekitar pukul 15.00 WIB, sudah ada 14 pengunjung yang menjadi korban sengatan.

Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi 2 di Pantai Baron, Surisdiyanto mengatakan, kemunculan ubur-ubur sudah terlihat sejak Minggu pagi di beberapa pantai seperti Kukup, Sepanjang, Drini, dan Somandeng. Upaya patroli dengan membersihkan area pantai dari ubur-ubur juga telah dilakukan.

Advertisement

BACA JUGA : Selama Liburan, 35 Wisatawan Terdengat Ubur-Ubur

Hanya saja, lanjut dia, masih ada pengunjung yang menjadi korban. Total hingga Minggu sore sudah ada 14 pengujung tersengat impes.

“Kejadianya paling banyak di Pantai Krakal. Tapi, ada juga korban yang tersengat di beberapa pantai lain,” katanya kepada wartawan, Minggu.

Suris menjelaskan, ubur-ubur beracun dan sengatanya bisa menimbulkan efek gatal dan panas serta memerah pada bagian tubuh yang tersengat. Selain itu, korban juga dapat mengalami sesak nafas jika tidak kuat menahannya.

“Masih bisa kami tangani karena tidak ada korban yang dirujuk sampai ke rumah sakit,” katanya.

Binatang laut yang tergolong ke dalam kelas Scyphozoa, biasanya muncul pada awal Juli sampai September, saat suhu di laut dingin sehingga menepi ke darat. Pada saat berada di pantai, binatang ini mudah sekali disentuh.

BACA JUGA : Banyak Muncul di Pantai, Ini Cara Penanganan Ubur-Ubur

Terlebih lagi, bentuknya yang menarik karena seperti balon dengan warna kebiru-biruan. Meski demikian, ada potensi bahaya bagi setiap orang yang menyentuhnya karena bisa tersengat.

“Paling banyak korbannya adalah anak-anak,” katanya.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Marjono mengatakan, sudah menyiapkan obat dan sarana kesehatan lainnya jika ada yang tersengat. Imbauan kepada pengunjung terus dilakukan baik melalui pengeras suara maupun papan pengumuman.

Menurut dia, impes sempat banyak muncul di awal Juli, tapi kemudian menghilang dikarenakan ada kiriman hujan yang membuat kawanan ubur-ubur kembali ke tengah laut. Namun, setelah kondisi kembali normal, kemunculan hewan ini mulai terlihat lagi pada Minggu pagi.

Ia berharap kepada pengunjung untuk berhati-hati agar tidak menjadi korban sengatan ubur-ubur. “Jangan disentuh kalau melihatnya,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Maut Bus Pengangkut Rombongan SMK Depok di Subang Diduga Rem Blong

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement