Advertisement

Ingatkan Terkait Jogja 5 Besar Penyalahgunaan Narkoba, Kepala BNNP DIY Beri Kuliah Umum di Stimaryo

Sunartono
Rabu, 06 September 2023 - 23:27 WIB
Sunartono
Ingatkan Terkait Jogja 5 Besar Penyalahgunaan Narkoba, Kepala BNNP DIY Beri Kuliah Umum di Stimaryo Kepala BNNP DIY Brigjen Pol Andi Fairan saat memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—BNNP DIY menyasar kalangan mahasiswa untuk menjadi sasaran pencegahan dalam rangka perang melawan narkoba di Jogja. Kepala BNNP DIY terjun langsung memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (Stimaryo) dalam rangkaian kegiatan orientasi akademik, Selasa (5/9/2023).

Narkoba menjadi salah satu ancaman di Jogja seiring dengan banyaknya mahasiswa. Berdasarkan survei narkoba BNN-LIPI 2019, Jogja masuk dalam lima besar provinsi dengan prevalensi tertinggi kategori pemakaian narkoba sebanyak 2.30% setara dengan penyalahguna narkoba sebanyak 18.082. Oleh karena itu BNNP DIY terus menyasar kalangan perguruan tinggi untuk menangani persoalan tersebut.  

Advertisement

BACA JUGA : Polresta Jogja Menangkap Puluhan Orang Terkait Narkoba

“Kalau jelas berkomitmen untuk menjadi kampus bersih narkoba dan dalam acara orientasi akademik ini, sehingga dalam orientasi akademi yang kami gelar kami hadirkan langsun Kepala BNNP DIY untuk memberikan kuliah bahaya narkoba kepada para taruna baru,” kata  Ketua Stimaryo Wegig Pratama dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/9/2023). 

Dalam kesempatan itu, kedua instansi tersebut berkomitmen untuk berperang melawan narkoba dengan menandatangani Memorandum of Understanding tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika. Kemudian di kampus tersebut juga dibentuk langsung Satgas Anti Narkoba.

BACA JUGA : BNN Sebut 19 Kawasan Jogja Rawan Peredaran Narkotika

Kepala BNNP DIY Brigjen Pol Andi Fairan mengingatkan tingginya pengguna narkoba di wilayah DIY disebabkan oleh sejumlah faktor. Mulai dari keanekaragaman latar belakang penduduk DIY, selain itu adanya bandara internasional yang memudahkan orang asing untuk masuk dan keluar. Di sisi laim, Jogja merupakan salah satu kota favorit tujuan wisata dan pendidikan turut memberikan andil menjadi sasaran peredaran gelap narkoba. 

Ia mengapresiasi kesadaran kampus yang menjadi narkotika sebagai isu utama pemberantasan narkoba dan membentengi mahasiswa dari persoalan tersebut. “Untuk mencegah semakin maraknya penyalahgunaan narkoba, BNN menempuh empat macam approach yaitu pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi, pemberantasan, IT development and analysis dan kerja sama baik domestik, regional dan internasional,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

10 Liang Lahat Disiapkan untuk Korban Kecelakaan SMK Lingga Kencana

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement