Advertisement

Kalurahan di Bantul dan Kota Jogja Akan Pentaskan Karya Seni Budaya

Sunartono
Jum'at, 15 September 2023 - 22:37 WIB
Sunartono
Kalurahan di Bantul dan Kota Jogja Akan Pentaskan Karya Seni Budaya Foto ilustrasi pementasan seni budaya. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan Kalurahan dan Kalurahan Budaya di Bantul dan Kota Jogja akan menampilkan pentas seni budaya di Lapangan Kalurahan Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul pada 19-20 September 2023 mendatang. Kegiatan yang digelar Dinas Kebudayaan DIY bertajuk Gumregah Tumandang Gawe ini akan menjadi hiburan bagi masyarakat serta memberikan ruang kepada para pelaku seni budaya di setiap kalurahan.

Ketua Panitia Kegiatan  Gumregah Tumandang Gawe Vincent Kristiadi menjelaskan kegiatan ini akan menampikan berbagai potensi seni dan budaya serta produk UMKM dari 22 kalurahan dan Kelurahan Budaya yang ada di Bantul dan Kota Jogja.

Advertisement

BACA JUGA : Mahasiswa AKN Seni Budaya Pentaskan Kesenian di Bali

“Pada pembukaan nanti akan ditampilkan langgam Jawa dan pameran potensi setiap kalurahan perwakilan dari Bantul dan Kota Jogja,” kata Vincent dalam rilisnya, Jumat (15/9/2023).

Ia menambahkan setiap kelurahan akan menampilkan karya seni budaya dan spirit kebersamaan yang siap dikompetisikan melalui tampilan masing-masing. Sejumlah kalurahan telah bersiap dengan pementasan terbaiknya, mulai dari Wayang Wong, Jathilan, Dramatari, Upacara Adat Sendang Sinungmaya, sandiwara Bahasa Jawa dan lain-lain.

“Potensi seni tersebut sebagian besar tetap lestari di kalurahan masing-masing, ada kelompoknya yang nguri-uri,” ujarnya.

Adapun perwakilan Kelurahan di Kota Jogja yang tampil di perhelatan itu antara lain Terban, Kricak, dan Gedongkiwo. Sedangkan di Bantul terdiri atas Srimulyo, Panggungharjo, Bangunjiwo, Sabdodadi, Argodadi, Sendangsari, Dlingo, Muntuk, Srigading, Mulyodadi, Trimurti, Gilangharjo, Seloharjo, Selopamioro, Sriharjo, Girirejo, Parangtritis Triwidadi dan Sitimulyo.

BACA JUGA : Nandur Srawung X Apresiasi Bagi Seniman yang Berjasa

“Kota Jogja dan Bantul ini memiliki potensi seni dan budaya yang beragam. Penampilannya tidak hanya potensi di bidang kesenian tapi potensi budaya seperti upacara adat, kuliner, kerajinan, sastra dan bangunan cagar budaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement