Advertisement

Januari-September 2023, PMI DIY Salurkan 1,265 Juta Liter Air Bersih ke Wilayah Kekeringan

Newswire
Senin, 18 September 2023 - 11:17 WIB
Ujang Hasanudin
Januari-September 2023, PMI DIY Salurkan 1,265 Juta Liter Air Bersih ke Wilayah Kekeringan Ilustrasi. - JIBI/Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejak Januari sampai September 2023, Palang Merah Indonesia (PMI) DIY telah mendistribusikan sebanyak 1,265 juta liter air bersih untuk kebutuhan warga di sembilan kecamatan terdampak kekeringan di Kabupaten Bantul dan Gunungkidul.

Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo saat peringatan HUT ke-78 PMI di Markas PMI DIY,  Minggu (17/9/2023), mengatakan lebih dari 1 juta liter air bersih itu didistribusikan sejak Januari sampai dengan September 2023.

Advertisement

"Kami mengerahkan tujuh tangki air, truk gunner, dan lima mobil 'pick up'," kata dia.

Prabu menyebutkan air bersih itu menyasar 30.603 jiwa penerima manfaat yang tersebar di sembilan kecamatan, 14 kelurahan di wilayah Bantul dan Gunungkidul.

BACA JUGA: Kemarau Masih Panjang, Anggaran Dropping Air di Kapanewon Makin Menipis

Merespons dampak kekeringan di wilayah DIY, kata dia, PMI DIY telah meluncurkan program Siaga Tirto Aji dengan membuka donasi untuk membantu masyarakat yang terdampak.

Donasi dapat disalurkan melalui Bank Mandiri dengan nomor rekening 137.000.744.959.4 atas nama Penanggulangan Bencana PMI DIY.

Gusti Prabu menuturkan selaras dengan tema Peringatan HUT ke-78 PMI "Menolong Sepenuh Hati", PMI telah lama terlibat dalam tanggap darurat bencana termasuk bencana yang disebabkan oleh perubahan iklim berupa banjir, tanah longsor, badai tropis sampai dengan krisis kesehatan seperti Pandemi COVID-19.

"Di momentum HUT kali ini PMI berinisiasi melakukan kegiatan-kegiatan adaptasi perubahan iklim dan berkomitmen menjadi bagian dari solusi untuk bumi yang lebih baik," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mahkamah Pidana Internasional Diminta Tegas Bertindak Terhadap Israel

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement