Advertisement

Resmikan Balai RT Warga, Ini Harapan Ketua DPRD Sleman

Media Digital
Sabtu, 07 Oktober 2023 - 23:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Resmikan Balai RT Warga, Ini Harapan Ketua DPRD Sleman Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta meresmikan pembangunan Balai RT 008/Manukan, Condongcatur, Depok, Sleman, Sabtu (7/10 - 2023) malam.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta meresmikan pembangunan Balai RT 008/Manukan, Condongcatur, Depok, Sleman, Sabtu (7/10/2023) malam. Menurutnya, semangat gotong-royong warga mendorong pembangunan gedung tersebut selesai sesuai rencana.

Balai RT yang diberi nama Omah Rajawali tersebut, kata Haris, dibangun sejak 2019 dan baru diresmikan pada Oktober 2023. Dananya berasal dari dana bantuan keuangan khusus (BKK) Sleman dan juga swadaya warga. Total alokasi dana untuk pembangunan gedung tersebut mencapai Rp470 juta.

Advertisement

BACA JUGA: DPRD Sleman Terus Sempurnakan Raperda tentang KTR

Dengan modal awal Rp170 juta hasil iuran warga, katanya, hal itu menjadi penyemangat bagi warga untuk membangun Balai RT. "Kemudian [kekurangannya] kami bantu dengan dana BKK. Tahun 2019 sebanyak Rp150 juta, tahun 2021 Rp70 juta dan 2022 Rp70 juta," kata Haris usai peresmian.

Pada akhirnya, lanjut Haris, pembangunan gedung Omah Rajawali itu diselesaikan oleh warga. Gedung tersebut akan menjadi fasilitas umum untuk kegiatan warga khususnya RT 008. "Harapan saya, ini dirawat dengan baik dan keberadaan balai ini menjadi spirit bagi RT RW yang lain untuk menyediakan balai RT sendiri," tandasnya.

Pembangunan balai tersebut, kata Haris, disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan warga. Termasuk model balai yang diinginkan. "Tidak ada standarisasi bangunan harus begini, tetapi semuanya disesuaikan dengan kebutuhan warga mau buat seperti apa. Mau berbentuk joglo atau limasan, bisa," katanya.

BACA JUGA: Turnamen Voli Piala Ketua DPRD Sleman Resmi Dibuka, Diikuti Atlet Nasional

Dukuh Manukan Beti Kartiningrum keberadaan balai RT tersebut sangat dibutuhkan untuk kegiatan warga. Baik kegiatan rapat, kegiatan sosialisasi atau pertemuan warga lainnya. "Sebelum ada balai ini, warga melakukan pertemuan di masing-masing. Dengan adanya balai RT ini maka semua agenda pertemuan bisa dilaksanakan di sini," katanya.

Dia mengatakan, selama pembangunan mulai dari perencanaan hingga selesainya proses pembangunan melibatkan warga. "Pelaksana pembangunannya juga dari warga. Untuk biaya perawatan sudah disiapkan melalui dana kas warga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement