Advertisement

Girisembung Kulonprogo Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Paralayang

Newswire
Senin, 09 Oktober 2023 - 09:27 WIB
Ujang Hasanudin
Girisembung Kulonprogo Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Paralayang Foto Ilustrasi. - Solopos/Sunaryo Haryo Bayu

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemerintah Kabupaten Kulonprogo menyelenggarakan Festival Paralayang 2023 di Bukit Girisembung, Kalurahan Banjarasri, Kapanewon Kalibawang, Minggu (8/10/2023). Kawasan tersebut dikembangkan sebagai wisata paralayang.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito mengatakan awal digagas, festival paralayang pada tahun 2021, hingga saat ini perkembangannya sudah sangat luar biasa.

Advertisement

"Semua pihak diajak bekerja sama dan sepakat untuk mengembangkan Girisembung Banjarasri sebagai wisata paralayang," kata Joko.

Ia mengatakan ke depan, akses wisata di Kulonprogo akan ditambah, yakni berupa akses wisata paralayang.

"Untuk itu, kami mendukung penuh pengembangan potensi wisata tersebut kedepannya," kata dia.

Joko mengatakan Dispar juga melakukan pelatihan untuk pemandu wisata paralayang, serta pembenahan homestay, sehingga ini bisa menjadi varian wisata unggulan di Kulonprogo.

"Kami memberikan pelatihan pemandu dan pengelolaannya supaya dapat berkembang dan menjadi tujuan utama wisata paralayang," katanya.

BACA JUGA: Heboh! Penyu Sisik Terdampar di Pantai Mlarangan Asri Kulonprogo, Kondisi Terluka

Acara ini pun disambut antusias oleh masyarakat Kulonprogo. Dimana sebanyak 20 penerbang yang berasal dari FASI DIY, FASI Kabupaten Wonogiri, dan FASI Purworejo turut meramaikan gelaran festival paralayang tahun ini.

Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti mendukung festival paralayang supaya mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Kulonprogo.

"Kami mendukung kegiatan ini. Angin mendukung sehingga kita bisa merasakan betapa bahwa potensi paralayang di daerah Banjarasri ini dapat dikembangkan ke depan," katanya.

Ia mengatakan festival ini bentuk kolaborasi baik dari Pemerintah DIY, Kabupaten Kulonprogo, FASI, Kapanewon Kalibawang, dan Desa Banjarasri.

"Semoga hal ini membawa kebaikan bagi Kulonprogo sendiri, jadi kalau kami merasa potensi ini harus menjadi bagian yang dikembangkan tidak hanya bersifat sementara," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement