Advertisement

Heboh! Penyu Sisik Terdampar di Pantai Mlarangan Asri Kulonprogo, Kondisi Terluka

Andreas Yuda Pramono
Sabtu, 07 Oktober 2023 - 21:37 WIB
Sunartono
Heboh! Penyu Sisik Terdampar di Pantai Mlarangan Asri Kulonprogo, Kondisi Terluka Ilustrasi penyu mati. - Antara Foto/ Virna Puspa Setyor

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pengunjung Pantai Mlarangan Asri, Kalurahan Pleret, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulonprogo sempat heboh akibat penyu sisik dalam kondisi terluka terdampar di bibir pantai pada Sabtu (7/10/2023) pukul 13.00 WIB.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiatmoko, mengatakan anggotanya telah mengevakuasi penyu tersebut ke penangkaran penyu di Pantai Trisik.

Advertisement

"Penemuan penyu tadi berawal dari informasi pengunjung dan warga bahwa ada penyu terdampar dan sudah dicoba dirilis ke laut tapi tidak berhasil karena kondisinya lemah. Akhirnya mereka melapor ke petugas SAR," kata Aris dihubungi, Sabtu (7/10/2023).

Setelah mendapat laporan tersebut, personel SAR langsung menuju lokasi dan membawa penyu menuju Penangkaran Penyu Abadi di Pantai Trisik. Hanya di Trisik terdapat penangkaran penyu.

Aris lantas melaporkan penemuan penyu sisik tersebut ke Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jogja. Penyu berjenis kelamin betina tersebut memiliki panjang 55 sentimeter dan luka di bagian tempurung dan kaki kanan hilang. "Memang penemuan penyu sudah beberapa kali terjadi. Tapi ya memang jarang," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dukung Rencana Prabowo Tambah Jumlah Kementerian, Nasdem: Tapi Harus Efektif dan Produktif

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement