Advertisement

Pembekuan Kokam DIY Segera Dicabut Tanpa Syarat, Begini Penjelasan PW Muhammadiyah

Triyo Handoko
Selasa, 10 Oktober 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Pembekuan Kokam DIY Segera Dicabut Tanpa Syarat, Begini Penjelasan PW Muhammadiyah Logo Muhammadiyah - ist - wikimedia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Status pembekuan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) DIY kabarnya akan dicabut tanpa syarat.

Keputusan pencabutan pembekuan tersebut muncul saat musyawarah antara Pemimpin Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah dan Pimpinan Wilayah (PW) Pemuda Muhammadiyah DIY akhir minggu lalu.

Advertisement

Pencabutan pembekuan yang dilakukan tanpa syarat itu masih menunggu keputusan PP Pemuda Muhammadiyah. “Kami sudah berkomunikasi secara organisasi, PW Pemuda Muhammadiyah DIY sudah menjelaskan duduk masalah dan diterima dengan baik oleh PP Pemuda Muhammadiyah. Jadi diputuskan pembekuan akan dicabut tanpa syarat,” kata Komando Kokam DIY, Rizal Ismail, Selasa (10/10/2023).

Rizal menjelaskan ia juga sudah menjalin komunikasi secara pribadi dengan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dzulfikar Ahmadi, di mana keputusan pencabutan akan segera diresmikan. “Kami sudah saling komunikasi dengan menjelaskan apa yang ada, beliau juga memahami dengan baik dan menerimanya,” ujar dia.

Dipastikan, pembekuan itu, jelas Rizal, terjadi karena kesalahpahaman komunikasi saja. “Ketidakdatangan kami pada apel bersama di Solo, September lalu sebelumnya dianggap ketidakpatuhan, lalu kami jelaskan itu bukan ketidakpatuhan, hanya sikap. Sikap itu pada akhirnya saat musyawarah juga dihormati PP Pemuda Muhammadiyah,” ujar dia.

BACA JUGA: PP Pemuda Muhammadiyah Temui PWM DIY Bahas Pembekuan Kokam, Ini Kesepakatannya

Kokam DIY mengapresiasi langkah PP Pemuda Muhammadiyah, jelas Rizal, yang telah aktif bermusyawarah hingga memutuskan untuk mencabut pembekuan yang dilakukan.

“Keputusan pencabutan pembekuan tanpa syarat ini sangat diapresiasi pengurus Kokam di tingkat kecamatan di DIY, kami sangat menunggu-nunggu kini secara resmi pencabutan tersebut agar dapat beraktivitas kembali,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris PW Muhammadiyah DIY, Arif Jamali menjelaskan pihaknya akan terus berkoordinasi dan melakukan pembinaan bersama setelah dinamika tersebut. “Koorinasi dan pembinaan ini memang jadi tuga kami sebagai induk organisasi di DIY, peningkatan dilakukan agar kondisi seperti ini kedepan dapat diantisipasi,” katanya.

Arif berharap pencabutan pembekuan tersebut secara resmi dapat dilakukan segera agar ada kepastian aktivasi Kokam DIY lagi. “Jika sudah dicabut pembekuannya, koordinasi dan pembinaan akan lebih mudah dilakukan. Kami juga masih menunggu Pusat,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement