Advertisement

Dampak Kekeringan Air Tanah di DIY Menyusut, Wilayah Ini Terancam Krisis Air

Triyo Handoko
Kamis, 12 Oktober 2023 - 11:07 WIB
Maya Herawati
Dampak Kekeringan Air Tanah di DIY Menyusut, Wilayah Ini Terancam Krisis Air Kekeringan / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kemarau panjang menyebabkan turunnya permukaan air tanah di Bumi Mataram. Penurunan air ini menyebabkan volume air sumur juga kian menyusut. Bahkan meski rata-rata tergolong aman, namun sejuamlah wilayah terancam krisis air karena kondisi.

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUPESDM) DIY mengukur tinggi air permukaan tanah sebagai upaya mengantisipasi dampak kekeringan yang lebih parah lagi.

Advertisement

Kepala DPUPESDM DIY Anna Rina Herbranti mengatakan berdasarkan hasil pengukuran, penurunan air permukaan tanah terbanyak terjadi di Kota Jogja selama Juli-September. Pada Juli terjadi penurunan permukaan air tanah di Jogja sebesar 9,48%, kemudian Agustus 9,85%, dan September 9,45%.

BACA JUGA: Kemarau Panjang, Penggali Sumur Banjir Orderan

Anna menyebut beberapa wilayah di DIY terancam krisis air akibat kekeringan. “Namun dengan melihat kondisi hidrogeologi daerah dan litologi batuannya, beberapa wilayah di DIY merupakan daerah yang memiliki sumber air kecil bahkan tidak ada, ada juga yang mengandalkan sungai bawah tanah serta tadah hujan,” terangnya, belum lama ini.

Wilayah dengan kondisi hidrogeologi dan litologi batuannya berpotensi krisis air yaitu:

Gunungkidul

Panggang

Saptosari

Rongkop

Gedangsari

Bantul

Dlingo

Pleret

Kulonprogo

Samigaluh

Kokap

“Di lokasi-lokasi tersebut sumur pantau [yang digunakan untuk mitigasi kekeringan] juga tidak bisa dijadikan alat pantau karena memang kedalaman sumur gali lebih dari 20 meter atau bahkan tidak ada,” katanya.

Selain untuk mitigasi kekeringan, pengukuran permukaan air tanah juga dimaksudkan untuk mengontrol penggunaan sumber air bersih itu. “Hasil analisa rerata air tanah dijadikan salah satu acuan untuk Badan Geologi dalam menerbitkan izin air tanah,” katanya.

Pengawasan pada perizinan air tanah, salah satunya dengan memantau penggunaan air tanah pada sektor usaha sesuai volume yang diizinkan (agar tidak memicu kekeringan air tanah). Mengecek sumur resapan terpelihara dengan baik, sehingga pada saat hujan maka air yang masuk ke Bumi tertampung dengan benar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Bakal Susun Kursi Menteri hingga 40, Gerindra Membantah

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement