Advertisement

Kemarau Panjang, Penggali Sumur Banjir Orderan

Lugas Subarkah
Kamis, 12 Oktober 2023 - 08:47 WIB
Sunartono
Kemarau Panjang, Penggali Sumur Banjir Orderan Warga memanfaatkan sumur bor di masjid sekitar Terban. - dok Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Penggali sumur di Kalurahan Trimulyo, Jetis, Bantul mendapat banyak pesanan gali sumur sejak awal musim kemarau. Rata-rata minta pendalaman atau membuat sumur baru karena airnya surut.

Salah satu pengusaha sumur dari Trimulyo, Zulfikar Ainun Najib, menjelaskan kondisi saat ini cukup banyak yang memesan jasa gali sumur. “Peningkatan ada, setiap hari ada konsumen tanya sumur. Lokasi merata di Sleman, Kota Jogja, Kulonprogo, Bantul,” ujarnya, Rabu (11/10/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Permukaan Air Tanah DIY Turun Akibat Kemarau, Sumur Jogja yang Paling Menyusut

Peningkatan pesanan ini sampai 50% dan terjadi sudah sejak awal Agustus. Pesanan gali sumur tersebut rata-rata minta pendalaman sumur karena surutnya air. “Mendalamkan sumur, air sudah ada tapi tinggal satu-dua jengkal atau selutut,” katanya.

Adapun kedalaman sumur yang minta diperdalam bermacam-macam, rata-rata 5-7 meter, dengan pendalaman 1,5-4 meter. Di beberapa lokasi, sumur tidak bisa diperdalam karena ada batu ataupun sempitnya lokasi sumur. “Kalau tidak bisa, kita buat baru,” ungkapnya.

Menurutnya, beberapa lokasi yang sumurnya saat ini membutuhkan kedalaman lebih justru di wilayah dekat sungai. “Kalau Kota Jogja sekitar Terban, Jokteng Kulon, Kotabaru, pinggiran sungai gede biasanya. Bantaran sungai. Kalau Sleman sekitar UII, daerah Tridadi,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Kunjungi Uni Emirat Arab, Kenalkan Gibran ke Presiden MBZ

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement