Advertisement

Masih Siaga, Ada Tujuh Guguran Lava Merapi dalam Waktu 12 Jam

Catur Dwi Janati
Kamis, 12 Oktober 2023 - 20:07 WIB
Arief Junianto
Masih Siaga, Ada Tujuh Guguran Lava Merapi dalam Waktu 12 Jam Gunung Merapi Jogja meluncurkan lava pijar. - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi mencatat sejumlah aktivitas vulkanis di Gunung Merapi. Sejumlah guguran lava tercatat terjadi dalam kurang waktu 12 jam.

Tim Penyusun Laporan Aktivitas Gunung Merapi BPPTKG melaporkan terjadi guguran lava sebanyak tujuh kali dalam periode pengamatan pukul 06.00 WIB-12.00 WIB Kamis (12/10/2023).

Advertisement

Rinciannya, sebanyak tiga kali guguran lava mengarah ke barat daya yakni Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter. Sementara empat guguran lava lainnya mengarah ke Selatan, ke arah Kali Boyong dengan jarak luncur maksimum juga 1500 meter.

BACA JUGA: Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava Sejauh 1,8 Kilometer

Selain itu tim juga mencatat ratusan gempa yang terjadi dalam periode tersebut. Tercatat dalam setengah hari ada 46 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-12 mm dan durasi 50,36-167,24 detik. Terjadi pula gempa fase banyak sebanyak 82 kali, beramplitudo 4-11 mm dengan durasi 5,24-9 detik.

Merujuk data-data pengamatan di atas, status aktivitas Gunung Merapi berada pada Level III. Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya. Selain itu warga juga diminta mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Tambang, Muhammadiyah Tekankan Unsur Profesionalitas

News
| Selasa, 17 September 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement