Advertisement

Perang Dikhawatirkan Bakal Pengaruhi Ekspor dari Bantul

Lugas Subarkah
Senin, 16 Oktober 2023 - 19:17 WIB
Arief Junianto
Perang Dikhawatirkan Bakal Pengaruhi Ekspor dari Bantul Ilustrasi ekspor impor, pengangkutan barang di pelabuhan. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ketidakstabilan politik internasional saat ini dikhawatirkan dapat berdampak negatif pada ekspor dari Bantul. Hal ini terjadi pada 2022 ketika terjadi perang Rusia-Ukraina, nilai ekspor Bantul turun dari tahun sebelumnya.

Berdasarkan data yang dikompolasi oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul, nilai ekspor Bantul pada 2022 totalnya sebesar 116,6 juta USD. Nilai ini turun dari tahun sebelumnya yang mencapai US$158,8 juta.

Advertisement

Padahal, dari sisi eksportir, jumlah barang dan negara tujuan mengalami peningkatan. Pada 2022, volume ekspor 37.556 ton, dengan 115 eksportir, 37 komoditas dan 77 negara tujuan. Sedangkan pada 2021, total volume ekspor 18.046 ton, dengan 86 eksportir, 30 komoditas dan 62 negara tujuan.

Pada 2022, industri garmen masih mendominasi ekspor dari Bantul yakni senilai US$36.096 juta dengan volume 5,398 ton. Kedua terbanyak yakni furniture dengan nilai US$33.696 dan volume 19.146 ton. Di bawahnya ada industri sarung tangan, kerajinan kulit dan kerajinan anyaman.

BACA JUGA: Nilai Ekspor DIY Melesat 3,74%, Paling Tinggi ke AS 

Pada 2023 ini, kondisi politik global kembali diguncang dengan pecahnya perang Israel-Palestina, yang kemudian menarik sejumlah negara-negara lain dalam dua kubu. Kondisi ini dikhawatirkan dapat menyebabkan turunnya nilai ekspor dari Bantul.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul, Agus Sulistiyana, mengatakan walau tidak memiliki target secara spesifik untuk ekspor, namun Pemkab Bantul terus mendorong agar nilai ekspor dapat senantiasa meningkat setiap tahun.

“Harapan kami dari tahun ke tahun naik. Tapi 2022 dibanding 2021 menurun. Saya juga khawatir karena kondisi iklim politik di dunia seperti ini [ada perang], sehingga kemungkinan juga seperti itu [menurun], kemungkinannya turun juga,” ujarnya, Senin (16/10/2023).

Namun secara internal, Pemkab Bantul mendorong peningkatan kualitas produk ekspor agar mampu bersaing dan mengimbangi faktor eksternal penurunan nilai ekspor. “Baik dari sisi produknya, manajemennya maupun kontinuitasnya,” kata dia.

Hal ini dilakukan dengan berkolaborasi dengan berbagai unsur, pelatihan peningkatan level Industri Kecil Menengah (IKM) dan sebagainya. Upaya ini juga termasuk meningkatkan keberanian IKM dalam melakukan ekspor produknya.

“Ini merubah mindset, kebiasaan dan perilaku IKM kami. Mereka sudah kebiasaan cuma nitip. Banyak IKM yang sebenarnya sudah mampu ekspor tetapi nitip yang di Jawa Tengah, Klaten dan sebagainya. Sehingga kita dorong untuk ekspor sendiri,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Deras dan Angin Kencang Hari Ini

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement