Advertisement

Dalam Sebulan, Konsumsi Beras di Jogja Mencapai 1.164 Ton

Triyo Handoko
Jum'at, 20 Oktober 2023 - 08:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Dalam Sebulan, Konsumsi Beras di Jogja Mencapai 1.164 Ton Stok beras / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Data Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Jogja menyebut konsumsi beras di wilayahnya sebesar 1.164 ton dalam sebulan.

Pasokan beras ribuan ton itu ditopang dari daerah penghasil beras di luar DIY. Daerah penghasil beras yang paling banyak menyuplai ke Kota Jogja adalah Klaten dan Sragen, Jawa Tengah.

Advertisement

Sekretaris DPP Jogja Sukidi menjelaskan alasan penyuplai beras Kota Jogja berasal dari luar DIY lantaran stok dari daerah tersebut memenuhi kebutuhan. Meskipun stok beras dari luar DIY cukup banyak, Sukidi menyebut pertanian Jogja juga turut menyumbang.

BACA JUGA: Terbaru dari Sleman! Buka Peluang Usaha Tani Organik Berbasis Kawasan

"Sumbangan dari dalam wilayah itu sebesar sekitar 750 ton dalam setahun. Jika dibandingkan [kebutuhan] memang kecil, tapi alhamdulilah juga ada suplai dari dalam Jogja,” jelasnya, Kamis (19/10/2023).

Sebanyak 750 ton beras yang diproduksi dalam wilayah Jogja itu jika hasil panen dalam kondisi maksimal tanpa gangguan. Perhitungan DPP Jogja mencatat ada 25 hektar lahan pertanian di wilayahnya, dalam sekali panen terdapat 10 ton untuk satu hektarnya. “Tapi itu perhitungan dalam kondisi tanpa gangguan dan hasil panen paling maksimal,” ungkap Sukidi.

Pertanian di Jogja, jelas Sukidi, dapat memanen padi tiga kali dalam setahun. “Kalau setahun tiga kali, sedangkan sekali panen dalam kondisi maksimalnya 250 ton maka setahun maksimal 750 ton, memang tidak memenuhi kebutuhan yang ada dimana sebulan butuh 1.164 ton,” paparnya.

Sukidi menerangkan dinasnya juga dilibatkan aktif dalam pemasokan beras untuk memenuhi kebutuhan tersebut. “Bersama dinas-dinas lain kami juga terlibat untuk memenuhi kebutuhan tersebut, terutama untuk menilai kelaikan kualitas beras yang didatangkan ke Jogja,” terangnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement