Advertisement

Tingkatkan Partisipasi Mahasiswa, KPU Sleman Optimalkan Sosialisasi di Kampus

Jumali
Jum'at, 27 Oktober 2023 - 11:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Tingkatkan Partisipasi Mahasiswa, KPU Sleman Optimalkan Sosialisasi di Kampus Gedung KPU / JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman terus berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat yang telah memiliki hak pilih pada Pemilu 2024. Sejumlah kegiatan sosialisasi pun dilakukan kepada berbagai lapisan dan kelompok masyarakat, salah satunya untuk kelompok mahasiswa.

"Nanti di 28 Oktober 2023 kami ada sosialisasi kepada mahasiswa dengan kegiatan nonton bareng. Tujuannya agar mereka memilih dan tidak golput," kata Sekretaris KPU Sleman Yuyud Futrama, Jumat (27/10/2023).

Advertisement

Sementara terkait dengan kebutuhan logistik untuk pemilih tambahan ataupun pemilih yang pindah lokasi, Yuyud mengatakan sejauh ini skema yang akan ditempuh adalah memasukkan mereka ke dalam Tempat Pemilihan Suara (TPS) Khusus. "Nanti akan kami masukkan ke TPS Khusus. Jadi 13.828 bilik suara itu sudah kami tentukan. Di mana setiap TPS itu ada empat bilik suara," imbuh Yuyud.

BACA JUGA: Pembukaan FSY Berlangsung Meriah, Disbud Jogja Ambil Tema Sila

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman Arjuna Al Ichsan Siregar mengungkapkan, mahasiswa yang terdata di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar 10 ribu. Jumlah itu jauh lebih kecil dibanding jumlah mahasiswa di Sleman yang diperkirakan 233.242 orang. Oleh karena itu, pemutakhiran data penting, untuk melindungi hak suara dari mahasiswa perantau di Sleman.

"Kami mengharap mereka masuk dalam daftar pemilih tambahan nantinya," lanjut Arjuna.

Selain itu, Bawaslu Sleman berharap agar KPU setempat nanti memastikan jumlah surat suara sesuai DPT, 2 persen dari jumlah DPT, serta jumlah pemilih khusus. "Untuk titik rawan pemilih mahasiswa itu ada di kawasan padat kampus. Ada di kapanewon Depok, Gamping, Mlati, Kalasan, dan Ngaglik. Ini tentu harus jadi perhatian khusus," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiba di Bali, Elon Musk Disambut Luhut

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement