Advertisement

Pembukaan FSY Berlangsung Meriah, Disbud Jogja Ambil Tema Sila

Triyo Handoko
Jum'at, 27 Oktober 2023 - 10:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Pembukaan FSY Berlangsung Meriah, Disbud Jogja Ambil Tema Sila Pembukaan FSY yang dilakukan Sekda Jogja Aman Yuriadijaya (ketiga dari kiri) dan Kepala Disbud Jogja Yetti Martanti (ketiga dari kanan) di Balai Bahasa, Kamis (26/10 - 2023) malam.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembukaan Festival Sastra Yogyakarta (FSY) yang berlangsung di Balai Bahasa berlangsung meriah, Kamis (26/10/2023) malam. Pembukaan tersebut menampilkan beragam pertunjukan, dari pantomim, pembacaan puisi, dramatical reading, hingga dongen bahasa Jawa.

Gelaran pembukaan FSY tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja Yetti Martanti. Dalam pembukaannya, Yetti turut membacakan sebuah puisi yang diiringi aksi panggung pantomim.

Advertisement

BACA JUGA: Tekan Stunting di DIY, Sultan: Perbaiki Gizi Masyarakat!

Yetti menjelaskan tema FSY 2023 ini adalah Sila dimana kelanjutan dari tema tahun lalu yaitu Mulih. “Tema Sila merupakan kesinambungan tema Mulih pada tahun sebelumnya. Sila mempunyai beragam pemaknaan. Dalam FSY 2023 Sila dimaknai sebagai duduk bersila, kontemplatif, mendengar dan melihat kedalaman, dengan harapan setelah Mulih, FSY 2023 mampu membaca ke dalam diri, untuk kemudian merefleksikan ke dalam bentuk-bentuk program dalam merayakan pertemuan sastra di Jogja,” jelasnya.

Disbud Jogja, jelas Yetti, sebelumnya telah menyelenggarakan berbagai acara pra-kegiatan FSY 2023. “Kami sudah melaksanakan Radio Sastra yang diselenggarakan di berbagai SMA, ada juga workshop penulisan, café sastra, pasar buku sastra, hingga terakhir angkringan sastra,” paparnya.

Selain kegiatan untuk memantik minat sastra di Kota Jogja terus berkembang, sambung Yetti, Disbud Jogja juga menyelenggarakan sayembara puisi. “Dari kegiatan-kegiatan itu dan sayembara ini ternyata animo dan minat masyarakat ini luar biasa besar sekali terhadap FSY, khususnya sastra,” ujarnya.

Setidaknya sayembara puisi sudah terkumpul 3700 karya dari 1236 partisipan yang mendaftarkan karyanya. “Animo masyarakat ini jadi semangat kami untuk terus berinovasi dan menerima masukan apa saja yang perlu ditingkatkan kedepan,” kata Yetti.

BACA JUGA: Kelola Sampah dengan Metode 3R, Loman Park Hotel Usung Konsep Penginapan Ramah Lingkungan

Sekretaris Daerah (Sekda) Jogja Aman Yuriadijaya juga turut hadir dalam malam pembukaan FSY 2023 ini. “Melihat animonya yang luar biasa sekali tentu ini jadi hal penting agar FSY harus terus dikembangkan,” tuturnya.

FSY merupakan bagian pembangunan sumber daya manusia, jelas Aman, terutama menyasar generasi muda agar terus melestarikan nilai-nilai budaya yang ada. “Pembanganunan sumber daya manusia penting dilakukan dan diinovasikan dengan perkembangan yang ada dengan tetap membawa nilai-nilai budaya yang ada,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement