Advertisement

ECD Bantul Kembali Digelar, Aplikasikan Bahasa Inggris Dalam Praktik

Lugas Subarkah
Sabtu, 28 Oktober 2023 - 18:27 WIB
Abdul Hamied Razak
ECD Bantul Kembali Digelar, Aplikasikan Bahasa Inggris Dalam Praktik Sejumlah pemenang ECD bantul 2023 menerima hadiah dari Bunda Literasi Bantul, Emi Masruroh Halim, di DPRD Bantul, Sabtu (28/10/2023) - ist Pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bantul bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris di Bantul kembali menggelar English Competition Day (ECD) bagi siswa SMP sederajat.

Sekretaris Disdikpora Bantul, Titik Sunarti Widyaningsih, mengatakan memasuki tahun ke lima, ECD tahun ini mengambil tema Walk the Earth with English. “Sekarang sudah era dunia tanpa batas. Pendidikan, pekerjaan, hampir semuanya menuntut kemampuan Bahasa Inggris,” ujarnya saat Grand Final ECD di Ruang Aula Gedung DPRD Bantul, Sabtu (28/10/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Mau Beli Rumah? Perhatikan 5 Masalah Ini

Menurutnya, pendidikan Bahasa Inggris sekarang tidak hanya soal tenses atau teori yang lain, melainkan lebih ke praktik. Ini karena dalam perkembangan dunia pendidikan maupun industri saat ini, hampir semuanya memerlukan aplikasi Bahasa Inggris.

Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo, menuturkan kompetisi ini bukan sekadar mengesahkan rencana kegiatan yang disusun Disdikpora Bantul. “Namun, bagaimana anak-anak didik di Bantul mau mengasah kemampuan berbahasa Inggris yang akan sangat bermanfaat bagi mereka kelak,” paparnya.

Pada kompetisi ini pula, nampak potensi-potensi anak Bantul yang memang fasih mempraktikkan Bahasa Inggris. “Hal ini cukup menyulitkan dewan juri untuk menentukan jawara dalam setiap kategori,” kata dia.

Dalam ECD tahun ini, ada empat kategori yang dilombakan, meliputi story telling contest, tourism monologue contest, 3R monologue contest, serta singing contest. Tercatat 266 siswa mendaftar dan mengikuti seleksi yang berlangsung ketat.

Dari seleksi tersebut, muncul lima nama yang berhak menuju babak final di tiap kategori. Peserta yang keluar sebagai juara meliputi Berlian Ramadhani dari SMP 1 Bantul berhak menjadi juara pertama dalam story telling. Sementara itu, juara pertama tourism monologue berhasil disabet Anka Fallakh Haqiqi dari SMP 1 Bantul.

BACA JUGA: Fenomena Ikan Menepi di Pantai Bengkulu, BMKG: Ada Anomali Suhu Laut

Untuk kategori 3R Monologue, Ivette Sindura dari SMP Tumbuh dinobatkan menjadi pemenang. Pada kategori singing, Bernike Dian Kristinasih dari SMP Kesatuan Bangsa menjadi juara pertama. Untuk seluruh pemenang juara pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement