Advertisement

Gubernur Beri Penghargaan untuk 25 Tokoh Kebudayaan, Ada Nama Putri Ariani & Seno Gumira

Media Digital
Selasa, 31 Oktober 2023 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Gubernur Beri Penghargaan untuk 25 Tokoh Kebudayaan, Ada Nama Putri Ariani & Seno Gumira Para penerima Anugerah Kebudayaan Gubernur DIY. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

JOGJA—Pemda DIY memberikan penghargaan kepada 25 tokoh dan lembaga atas perannya dalam memajukan dan mengembangkan kebudayaan di masyarakat.

Pemberian anugerah budaya ini mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) No.32/2023 tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Budaya yang diserahkan di Bangsal Kepatihan Jogja, pada Selasa (31/10/2023).

Advertisement

Ke-25 tokoh yang mendapatkan anugerah itu salah satunya adalah Ariani Nisma Putri untuk kategori Lainnya. Ariani mengukir prestasi masuk dalam final America’s Got Talents 2023. Selain itu, nama sastrawan Seno Gumira Ajidarma juga tercatat sebagai salah satu penerima anugerah tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, mengatakan penetapan penerima anugerah budaya itu telah melewati serangkaian tahap oleh tim juri. Sebelumnya mereka diusulkan oleh masyarakat berdasarkan kiprahnya di masing-masing kategori. Pada tahun ini Pemda DIY juga memperluas cakupan ketegori penerima lantaran luasnya bidang kebudayaan yang menjadi bidang para tokoh.

"Setiap tahun selalu coba kami perluas untuk tokoh yang sangat berperan dengan perkembangan kebudayaan di Jogja. Karena ternyata di balik pelestrian wujud fisik atau nonfisik yang tampil ke kita ada seseorang yang luar biasa dibelakangnya," kata Dian.

Ada lima kategori anugerah budaya yang diberikan pada tahun ini yakni Pelestari dan atau Pelaku; Lembaga; Media; Pelopor Pembaharu dan Kreator; serta kategori Lainnya.

BACA JUGA: Disbud Sleman Gelar Anugerah Kebudayaan Award, Ini Dia Para Pemenangnya

Mereka dinilai oleh 15 tim juri dari anggota Dewan Kebudayaan DIY.

Penilaian didasarkan pada Pergub soal pemeliharaan dan pengembangan budaya serta catatan dan memori kolektif para dewan juri terhadap kiprah mereka. "Setelah penetapan ini kami ada manajemen talenta, sehingga setahun setelah pemberian penghargaan kami selalu memiliki fasilitasi untuk tokoh ini mentransfer keahliannya, paling tidak bisa diterima oleh generasi muda yang lebih luas," ujarnya. 

Sidang Pleno

Ketua Tim Penilai Anugerah Kebudayaan, Revianto Budi Santoso, menyebut proses pemilihan penerima anugerah budaya dilaksanakan tim penilai lewat seleksi administrasi, diskusi dan penetapan penerima melalui sidang pleno.

Pemilihan itu bukan sebuah keputusan sederhana karena banyak kandidat dengan kualifikasi dan kapasitas yang punya daya aruh di masyarakat luas. Tim penilai mengacu pada Pergub 32/2023 tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Budaya sebagai bahan dasar penentuan penerima.

"Total ada 15 tim juri yang dibagi menjadi tiga kelompok untuk menilai. Kami telah rapat dari Juli sampai September, sehingga ditetapkan 25 penerima. Semuanya sudah berdedikasi dan memajukan kebudayaan DIY dengan karya yang tidak saja meningkatkan daya aruh tapi meningkatkan reputasi DIY," ujar dia.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X menyebut Anugerah Kebudayaan Gubernur tersebut merupakan bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih Pemda DIY atas nama masyarakat DIY terhadap komitmen, aksi nyata, serta konsistensi para pelaku dan pelestari budaya di DIY. Kepada para penerima penghargaan, Sultan berharap besar agar apa yang diterima tidak dipandang dari nilai materialnya semata, melainkan sebagai simbol niat baik dan ketulusan.

"Ini merupakan wujud dukungan kami sebagai tambahan motivasi dan semangat untuk terus berkarya dan berjuang di bidang yang telah saudara pilih. Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Kiranya Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa mengiringi langkah saudara-saudara semua agar dapat terus menjadi sosok inspiratif bagi yang lainnya," kata Sultan.

Penerima Anugerah Kebudayaan Gubernur DIY 2023

Pelestari dan/atau Pelaku

1. Prof. Dr. Inajati Adrisijanti
2. Iffah M. Dewi
3. Petrus Agus Herjaka
4. Tim Behrend
5. Mahfud Ikhwan
6. Drs. Surya Helmi
7. Prof. Dr. Sumarsam
8. Prof. Dr. Djoko Suryo
9. Jamaludin Latif

Lembaga

1. Yasman Syuhada
2. Kunci Study Forum & Collective
3. Jogja Heritage Society
4. Perpustakaan Kolesse Santo Ignatius (Kolsani)
5. Yayasan Ulating Blencong Yogyakarta

Media

1. Jogja TV

Pelopor, Pembaharu, dan Kreator

1. Seno Gumira Ajidarma
2. Catur Kuncoro
3. Yoshi Fajar Kresno Murti
4. Ita Fatia Nadia
5. Drs. A. Charis Zubair
6. Alia Swastika
7. Yusman
8. Wahyudi Anggoro Hadi
9. Agus Noor

Lainnya

1. Ariani Nisma Putri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement