Advertisement

KPU Sleman Tetapkan 606 DCT Caleg, 2 Nama Dicoret

Jumali
Jum'at, 03 November 2023 - 20:17 WIB
Arief Junianto
KPU Sleman Tetapkan 606 DCT Caleg, 2 Nama Dicoret Ilustrasi caleg / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—KPU Sleman menetapkan sebanyak 606 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sleman masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) untuk pemilu 2024 mendatang.

Ketua KPU Sleman Ahmad Baehaqi mengatakan, jumlah calon anggota DPRD Sleman yang ditetapkan dalam DCT sebanyak 606 calon tersebar di 18 partai politik. Adapun jumlah calon yang diajukan oleh partai politik sampai masa perbaikan berakhir sebanyak 608 calon, tetapi setelah dilakukan verifikasi jumlah yang memenuhi syarat sebanyak 606 calon dan calon yang tidak dapat dimasukkan dalam DCT sebanyak 2 bakal calon.

Advertisement

"Dua bakal calon yang tidak dapat dimasukan dalam DCT sebanyak 2 orang. Satu calon dari PKS karena meninggal dunia. Sedangkan satunya lagi dari PPP yang membatalkan calon tersebut," kata Baehaqi, Jumat (3/11/2023).

Seusai menetapkan DCT, KPU Sleman akan menyampaikan pengumuman nama-nama calon Anggota DPRD Sleman pada Sabtu, 4 November 2023.

BACA JUGA: Ada Perubahan Nomor Urut Bacaleg di Kulonprogo, Ini Datanya

Pengumuman akan dilakukan baik di media massa cetak, media elektronik, serta laman dan media sosial dengan memuat nomor, nama dan tanda gambar partai politik, nomor urut calon, nama calon, jenis kelamin dan tempat tinggal calon. Khusus untuk foto calon nantinya dapat dilihat dalam laman dan media sosial KPU Sleman.

"Begitu juga terkait dengan komulatif berapa calon perempuan nanti bisa dilihat di pengumuman," ujar dia.

Lebih lanjut Baehaqi menyampaikan bahwa tahapan selanjutnya adalah memasuki masa kampanye yaitu mulai 28 November sampai dengan 10 Februari 2023. Sesuai dengan ketentuan peraturan Komisi Pemilihan Umum No.15/2023 tentang Kampanye pemilihan umum, ada ragam metode yang dipergunakan yaitu, pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga kempanye (APK), media sosial, rapat umum, iklan media massa cetak , media massa elektronik dan media daring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Mataram dan Bali, Warga Berhamburan

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement